Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Rizki Caturini
Cuaca yang tak menentu ditambah dengan tebalnya polusi udara di kota-kota besar membuat mobil mudah kotor. Para pemilik kendaraan biasanya menggunakan jasa salon mobil dan motor untuk membersihkan kendaraannya hingga berkilauan.
Nah, biasanya para pemain salon mobil tidak hanya memberikan layanan yang baik tetapi juga memilih kualitas produk pembersih kendaraan yang terbaik. Melihat ada peluang bisnis produk pengilap kendaraan, Leonardo memutuskan untuk membuat obat pengilap motor dan mobil yang diberi nama LIC Triple Action Polish.
Selain untuk memoles bodi kendaraan saja, LIC juga ampuh untuk memoles helm, kaca helm, kaca kendaraan sampai dengan kaca rumah. Produk ini mengunakan bahan baku akrilik dan polietilena yang tidak merusak dan mengelupas cat asli kendaraan. Asal tahu saja bahan baku produk ini diimpor dari Jerman dan Amerika. Setelah itu, Leonardo meracik sendiri.
Leonardo mulai menawarkan usaha keagenan produk ini pada akhir 2010. Investasi yang ditanamkan untuk bisnis ini terbilang kecil yaitu Rp 1 juta, Rp 5 juta dan Rp 10 juta. Dengan investasi Rp 1 juta, mitra akan menjadi agen produk LIC Triple Action. Sementara untuk investasi Rp 5 juta, mitra akan menjadi distributor yang membawahi agen di suatu wilayah kabupaten. Dan untuk investasi sebesar Rp 10 juta, mitra akan menjadi distributor tunggal yang membawahi para distributor dan agen di suatu provinsi.
Nah, untuk investasi awal Rp 10 juta, mitra akan mendapatkan produk dan perlengkapan pendukung lainnya seperti banner. Nanti, para distributor dan agen akan mengambil produk dari si distributor tunggal di provinsi tersebut.
Hingga saat ini, jumlah agen yang telah bergabung dengan Leonardo berjumlah sekitar 50 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti, Pontianak, Jambi, Kupang dan daerah lainnya. "Kami tidak mengenakan royalty fee untuk para mitra," ujar Leonardo.
Hitungan Leonardo, keuntungan bisnis ini mencapai 10% dari setiap penjualan produk. Ia sendiri mempunyai satu outlet di Mall Season City, Jakarta Barat. Tahun ini Leonardo menargetkan bisa mendapatkan tambahan mitra hingga 2 kali lipat. "Investasinya kecil jadi banyak orang akan tertarik dibisnis ini," kata Leonardo.
Kepada para agennya, Leonardo memberikan fasilitas promosi di media digital melalui perusahaanya. Meskipun begitu, setiap mitra diberikan kesempatan untuk untuk melakukan kegiatan promosi sendiri-sendiri. Anda tertarik?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News