kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang cuci mobil hemat air tak kecil


Sabtu, 05 Januari 2019 / 07:30 WIB
Peluang cuci mobil hemat air tak kecil


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Salah satu bisnis jasa yang terkait erat dengan mobil atau kendaraan roda empat lainnya adalah usaha cuci mobil. Bisnis lawas ini selalu ada di setiap tempat. Seiring dengan terus bertambahnya kendaraan roda empat di jalan raya.  

Dianggap sebagai usaha potensial, pemain baru pun mulai bermunculan. Sedangkan, pemain lama melebarkan sayap lewat kerjasama kemitraan.  Seperti  Eco Car yang diproduksi Bhakti Desta Alamsyah.

Usaha cuci mobil ini sudah dibuka sejak tahun 2009 di Bandung. Dia menambah gerai lagi di kota yang sama. Kemudian tahun 2012 menawarkan kerjasama untuk mempercepat laju bisnisnya.

Kini ada delapan mitra yang bergabung, lokasinya tersebar di beberapa kota seperti Banyumas, Banjarmasin, dan Denpasar.

Keunikan gerai cuci mobil ini adalah mengusung konsep ramah lingkungan. Yakni untuk satu mobil hanya butuh cairan 350 mililiter (ml) . Cairan itu mengandung bahan herbal yang aman. Tarifnya pun dipatok mulai Rp 50.000 per mobil.

Kalau tertarik, Eco Car menawarkan tiga paket kemitraan. Pertama, paket Rp 125 juta. Fasilitas yang didapat seluruh perlengkapan gerai dan cuci, sistem, pelatihan, dan branding. Luas lokasi usaha yang harus disiapkan sekitar 25 m².

Kedua, paket Rp 150 juta, fasilitas yang didapat sama dengan paket sebelumnya,   hanya luas tempat yang harus disiapkan minimal 50 m².Ketiga, paket Rp 175 juta. Fasilitas yang didapatkan sama namun luas tempat yang harus disiapkan mitra sekitar 75 m².

Selain menyediakan lokasi usaha,  calon mitra juga harus menyiapkan enam orang karyawan. Mitra juga wajib membeli bahan sabun dari pihak pusat.

Berdasarkan perhitungan Bhakti, waktu balik modal yang dibutuhkan mitra sekitar satu tahun. Dengan catatan, saban bulannya dapat mencapai target pendapatan sekitar Rp 60 juta.  Setelah dikurangi biaya produksi, operasional dan royalti 5% maka porsi keuntungan sekitar 10%-20% dari total omzet per bulan.

Djoko Kurniawan, konsultan usaha menilai potensi usaha cuci mobil hemat air terbilang positif. Lantaran metode cuci yang ditawarkan adalah menghemat air dan ini menjadi kelebihannya.  

Agar mitra mau bergabung maka diperlukan edukasi tentang jenis usaha ini. Selain itu yang penting untuk diperhatikan adalah analisa bisnis yang sesuai dengan kenyataan agar tidak merugikan calon mitra.

Yang tidak boleh dilupakan para pebisnis adalah, saat konsumen mau menggunakan jasa ini,  maka pemilik bisnis harus  bisa menonjolkan kelebihan sistem yang hemat air dan melindungi lingkungan tetapi dengan hasil tetap bagus. Kemudian tinggal mengedukasi konsumen supaya mau memakai produk Eco Car.                      

Eco Car
Gateway Tower EB LG 1.03
Jl Ahmad Yani No 669
Bandung, Jawa Barat
HP. 0812-2488-881

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×