kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang manis penyedia makanan sehat


Rabu, 22 April 2015 / 13:16 WIB
Peluang manis penyedia makanan sehat
ILUSTRASI. rekomendasi saham BCA


Reporter: Izzatul Mazidah, Silvana Maya Pratiwi | Editor: Hendra Gunawan

Mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat adalah keinginan banyak orang di zaman modern saat ini. Maklum saja, tingkat polusi serta tekanan dalam pekerjaan serta gempuran makanan instan kerap menimbulkan masalah kesehatan.  Namun kesibukan sehari-hari yang cukup menguras energi dan waktu membuat orang tidak dapat mengelola asupan makanan dan pola hidup sehat sendiri.

Kondisi itu membuka ceruk bisnis jasa katering makanan sehat yang dijajakan lewat situs, seperti Gorrygourmet.com. Tidak hanya menawarkan menu makanan sehat, jasa di situs ini juga lengkap menyediakan jasa konsultasi langsung pada dokter spesialis ahli gizi dan banyak lagi.

Usaha ini didirikan oleh Herry Budiman dan William Susilo pada Maret 2014.  Berawal dari hasrat pribadi yang ingin memulai pola hidup sehat sekaligus ingin membuka usaha sendiri, Herry pun mengajak William membentuk perusahaan yang bergerak pada penyedia jasa dan konsultasi makanan sehat ini.

Herry memang memiliki latar belakang pengalaman di bidang operasional dan pemasaran bisnis di sektor kuliner. Sementara William memiliki kemampuan di bidang finansial dan strategi bisnis.

Setelah segala persiapan usaha dan pengembangan situs kelar, Gorrygourmet.com resmi diluncurkan pada September 2014. Herry bilang, situs ini dibuat untuk memberikan pilihan kepada sebanyak-banyaknya orang terkait makanan rendah kalori, namun tetap lezat. Saat ini,  pilihan makanan sehat yang rendah kalori masih sangat terbatas, terlebih yang menawarkan nilai kelezatan.

Selain itu, sebagian besar pelaku usaha sejenis tidak mencantumkan kandungan nutrisi makanan yang dibuat.   "Oleh sebab itu, peluang bisnis di sektor makanan sehat rendah kalori masih besar, terlebih yang menawarkan nilai kelezatan," kata Herry.

Jasa antar produk

Selain menawarkan aneka makanan sehat, situs ini juga dilengkapi dengan informasi nutrisi pada tiap produk. Tiap produk memiliki informasi  bahan-bahan apa saja yang digunakan serta apa manfaat-manfaat dari bahan-bahan tersebut. Pelanggan juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli gizi untuk asupan apa yang paling cocok, berdasarkan kondisinya serta riwayat penyakitnya.

Herry menjelaskan, Gorry Gourmet menawarkan bermacam makanan rendah kalori, tanpa pengawet, MSG,  dan bebas minyak lemak tak jenuh. Berbagai jenis menu makanan dikelompokkan dalam beberapa kategori, yaitu diantarannya Ala Carte, Daily Catering Program dan Frozen Food Catering. Untuk yang terakhir tujuannya untuk memfasilitasi pelanggan dengan jadwal yang padat sehingga butuh makan yang praktis.

Paket katering ditawarkan pada paket dengan jangka waktu tertentu, semua di tentukan oleh kebutuhan konsumen. Misalnya per tiga hari, per tujuh hari dan juga ada konsumen yang memilih paket untuk per 14 hari.

Saat ini Gorry Gourmetmemiliki dua jenis produk secara garis besar. Harga produk Ala Carte dibandrol mulai dari Rp 25.000 hingga 65.000 per menu. Untuk kategori produk Catering Daily Catering and Frozen Food Catering harga makanan dibandrol mulai Rp 450.000 hingga Rp 2,5 juta tergantung paket yang dipilih pelanggan.

Saat ini Gorry Gourmet telah memiliki database 3.000 pembeli produk aktif. Sejauh ini mayoritas pelanggannya berasal dari daerah sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Saat ini Herry bilang, pembagian komposisi pelanggan Gorry Gourmet berkisar 90% berasal dari Jabodetabek dan 10% di luar Jabodetabek.

Mulai bulan April ini, Gorry Gourmet meluncurkan program nationwide. Maksudnya, konsumen bisa mendapatkan layanan jasa katering ini dari berbagai daerah. Herry mengklaim bisa mengirimkan produk makanan  sehat ini ke seluruh pelosok tanah air. 

Untuk strategi pemgembangan usaha tersebut, Herry gencar melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Misalnya, bekerjasama dengan beberapa pihak pemasok bahan baku makanan tertentu. Selain itu juga menjalin kerjasama dengan jasa pengantaran barang atau kurir.

Kerjasama dengan pihak-pihak terkait ini bertujuan untuk menjaga kualitas layanan dan produk. Herry bilang, pemasok bahan makanan tujuannya untuk membantu dalam menghadirkan makanan dengan kualitas yang baik dan juga menjaga cost of product. Lalu untuk jasa pengantaran produk diperlukan untuk menjamin produk Gorry Gourmet bisa tiba di tempat pelanggan sesuai dengan waktu yang diinginkan.

"Segment Gorry Gourmet spesifik pada healthy segment, yakni produk yang dijual masih diproduksi internal dan divalidasi oleh dokter gizi," ucap Herry.

Rencana-rencana pengembangan bisnis lainnya yang akan dilakukan Gorry Gourmet ke depannya adalah dengan mengembangkan varian produk makanan sehat lebih banyak lagi. Seperti misalnya, menu makanan khusus untuk membentuk otot, untuk para penderita diabetes dan juga produk makanan bayi.

Selain itu juga Gorry Gourmet ingin menghadirkan kemudahan bagi pelanggan dengan bisa memperoleh produk di tempat terdekat dari posisi konsumen. Untuk itu Herry berencana untuk bisa menghadirkan produk Gorry Gourmet di supermarket tertentu seperti Kemchick, tempat kebugaran serta retail modern lainnya yang sesuai dengan target pasar mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×