kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.874
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS609.032 -0,82%

Penawaran komplet dari mebel ke desain

Minggu, 09 September 2018 / 07:30 WIB

Penawaran komplet dari mebel ke desain



KONTAN.CO.ID - Tak melulu mengenai bisnis properti, seperti perumahan dan apartemen. Kecanggihan teknologi juga mampu dimanfaatkan untuk bisnis interior rumah. Selain memperindah rumah, perkembangan teknologi tersebut diandalkan guna mempermudah supply chain kepada konsumen dalam prosesnya.

Hal itulah yang dituju oleh Dimas Harry Priawan, CEO Dekoruma.com. Dekoruma yang dirintis oleh Dimas bersama teman kuliahnya, merupakan sebuah platform digital yang menawarkan produk-produk furnitur dari gaya minimalis hingga modern.

Start up ini berdiri  sejak 1 Januari 2016. Belakangan, atau tepatnya enam bulan lalu, Dekoruma juga meluncurkan layanan jasa desain untuk membantu konsumen memiliki gambaran terhadap rumah impiannya.

Tahun 2014 atau sebelum meluncurkan platform tersebut, Dimas bekerja di aCommerce sebagai project manager untuk handle klien. Dari sana ia melihat baru satu pemain yang bergerak di bidang home-living. "Setahu saya, karena latar belakang keluarga saya yang berkecimpung di bidang properti, marketnya itu besar," ceritanya.

Selain itu, ia semakin optimistis berkecimpung dalam bisnis tersebut, juga karena pengalaman pribadinya setelah menikah. Dimas bercerita, setelah menikah dan menyewa apartemen, ternyata perabotannya tidak lengkap.

Saat ingin melengkapi perabotannya, ia mengalami kesulitan mencari tempat yang menjual seluruh perabotan rumah. "Memang ada Informa ataupun Ikea, juga banyak UMKM yang bergerak di bidang furnitur tetapi itu juga terbatas, jadi saya saat itu kesulitan untuk mengisi rumah sesuai keinginan saya," kenangnya.

Berawal dari situ, Dimas belajar mengenai bisnis daring home-living. Semakin jauh belajar, ia melihat kesulitan untuk bergerak di bidang tersebut yaitu sulitnya menjual produk tanpa dirasakan dan tanpa dilihat langsung.

Oleh karena itu, tantangan pertama yang harus dilalui dalam membangun bisnisnya saat ini terkait dengan kepercayaan konsumen. Ia bercerita, bagaimana mendatangi satu per satu vendor,  mulai dari UMKM sampai perusahaan besar untuk masuk pada platform marketplace-nya.

Namun, usaha ini terbayarkan. Saat ini, Dekoruma telah  menggandeng 400 mitra yang akan masih diperkaya kembali.

Dimas juga tak sembarang memilih mitra Dekoruma. Ia mengakui lebih mendahulukan UMKM. Hanya saja, ia menyatakan, kendala UMKM saat ini ada pada konsistensi.  Oleh karena itu, UMKM yang ingin menjadi mitranya diharapkan mampu konsisten, baik dari segi produktivitas maupun kualitas.


0

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0057 || diagnostic_api_kanan = 0.1118 || diagnostic_web = 2.6418

Close [X]
×