kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendaftaran pelatihan UMKM gratis dari Grab buka hari ini, berikut syaratnya


Senin, 20 Juli 2020 / 13:38 WIB
Pendaftaran pelatihan UMKM gratis dari Grab buka hari ini, berikut syaratnya
ILUSTRASI. Model menunjukkan fitur terbaru untuk mendukung bisnis UMKM?dari GrabExpress di Semarang, Rabu (28/11).


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grab Indonesia bekerjasama dengan Sahabat UMKM mengadakan program pelatihan, pendampingan, dan konsultasi bisnis gratis bagi UMKM bertajuk Grab #TerusUsaha Akselerator. 

Mulai hari ini, Senin (20/7), pemilik bisnis kecil yang tertarik bisa mendaftarkan diri di www.grabforgood.id. Pendaftaran akan Grab buka selama enam hari, hingga 26 Juli nanti.

Program intensif tersebut berlangsung selama 2,5 bulan. Kelak, Grab #TerusUsaha Akselerator berbagai sesi agar peserta terpilih dapat memperoleh ilmu untuk menumbuhkan potensi bisnisnya, dengan meningkatkan penggunaan platform digital dan kemampuan bisnis mereka. 

Program ini akan menyeleksi puluhan UMKM terpilih untuk mengikuti berbagai pelatihan intensif mulai 5 Agustus 2020, termasuk: 

Baca Juga: Layanan GrabWheels kembali lagi, ini peraturan keselamatan yang baru

Fase 1 Business Assessment

Sesi pelatihan dan pembelajaran intensif selama beberapa minggu yang fokus pada topik, seperti legalitas, pemasaran, literasi keuangan, hingga daya saing produk. 

Ada juga pelatihan tentang kesiapan mental, untuk memastikan UMKM memiliki mental yang kuat agar bisa mengelola bisnisnya dengan maksimal.

Fase 2 Product Review

Di sesi selama beberapa minggu ini para ahli akan menilai dan meninjau produk dan rencana bisnis dari para peserta. Harapannya, ini bisa membantu bisnis peserta dapat lebih kompetitif dan memiliki daya saing. 

Fase 3 Konsultasi

Kesempatan untuk mendiskusikan berbagai topik seputar ekspansi pasar, pengelolaan sumber daya, modal, dan bantuan bisnis, juga hal lain yang ingin peserta bahas atau tanyakan.

Baca Juga: Layanan GrabBike kembali aktif di wilayah Jawa Barat

Program ini terbuka bagi seluruh pemilik UMKM yang merupakan warga negara Indonesia, memiliki perizinan PIRT, dan sudah berjalan selama lebih dari satu tahun. 

Pelatihan akan berlangsung secara virtual dan setiap kelas akan menghadirkan pengajar kenamaan juga profesional di bidangnya masing-masing.

Termasuk, Aidil Wicaksono (Google Gapura Digital), Irvan Helmi (pemilik Anomali Coffee), Hendy Setiono (pemilik Kebab Baba Rafi), Garniasih (Branding Expert dari CEO LAB.id), Gufron Syarif (pemilik HAUS!).

Grab #TerusUsaha Akselerator merupakan salah satu program dari inisiatif #TerusUsaha yang Grab luncurkan 30 Juni lalu dan menjadi solusi untuk digitalisasi UMKM di Indonesia. 

Baca Juga: Gandeng Grab Mart, Perikanan Nusantara pasarkan produk Tukato Seafood secara digital

“Program akselerator ini kami rancang khusus untuk memberikan pendampingan mendalam bagi usaha kecil terpilih, agar mereka benar-benar bisa belajar, bersama meninjau kembali rencana bisnis mereka, dan pada akhirnya tumbuh serta memberi manfaat bagi banyak orang disekitar mereka," kata Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, dalam keterangan tertulis, Senin (20/7).  

Riset Tenggara dan CSIS di 2020 memperlihatkan, bagaimana pekerja informal yang memanfaatkan teknologi Grab merasakan peningkatan kualitas hidup hingga 13% juga berkontribusi sebesar Rp 77,4 triliun pada perekonomian Indonesia pada 2019.

"Dua hal ini mendorong kami untuk terus membantu lebih banyak bisnis kecil untuk bisa bersama #TerusUsaha melalui digitalisasi di era new normal ini,” ujar Neneng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×