Pengin buka usaha gak ada modal, ini dua jalur mendapatkannya

Minggu, 14 Juli 2019 | 07:05 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Pengin buka usaha gak ada modal, ini dua jalur mendapatkannya


MANAJEMEN - JAKARTA. Anda ingin membuka usaha sendiri namun belum mempunyai modal? Jangan khawatir, para financial planner akan berbagi tips mengumpulkan modal untuk membuka usaha.

Sebagian orang bermimpi mempunyai usaha sendiri alias menjadi entrepreneur. Fitri Agustina, Financial Planner OneShildt, bertutur bahwa orang ingin mempunyai usaha sendiri agar lebih fleksibel mengatur waktu kerja. Alasan lainnya, mereka ingin mendapatkan penghasilan lebih besar dari gaji menjadi seorang karyawan.

Baca Juga: Ide dari repot memerah ASI, kini Stephanie Tunggal raup ratusan juta sebulan

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan setiap orang dapat membuka bisnis sendiri asalkan fokus untuk mewujudkannya. "Jangan sampai cuma ngomong doang tapi tidak ada actionnya," tambahnya.

Selain itu, Anda wajib mempunyai modal awal untuk mulai membuka usaha. Fitri dan Agustina sepakat bila ada dua cara untuk mengumpulkan modal pembukaan usaha.    

Baca Juga: Meneguk keuntungan dari kopi alpokat

1. Mengumpulkan modal dengan menabung

Cara pertama untuk mengumpulkan modal membuka usaha adalah dengan menabung. Anda harus menggunakan strategi ketika menabung untuk mengumpulkan dana pembukaan usaha.

Halaman Selanjutnya

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru