Penjelasan JIExpo soal ambruknya komidi putar PRJ

Rabu, 12 Juni 2019 | 23:15 WIB Sumber: Kompas.com
Penjelasan JIExpo soal ambruknya komidi putar PRJ


JAKARTA - JAKARTA. Marketing Director PT Jakarta International Expo (JIExpo) Ralph Scheunemann mengungkapkan, wahana komidi putar yang sempat ambruk di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat diakibatkan oleh salah satu ayunan tersangkut di pagar barikade.

Ralph menyebut ada beberapa bagian pagar yang bergeser hingga membuat salah satu ayunan tersangkut.

"Pagar itu ada 1 atau 2 saya enggak tau kenapa dia bergeser. Karena memang jumlah pengunjung yang banyak ya ada anak-anak atau siapa yang geser karena itu tempat permainan. Nah itu menyebabkan (komidi putar) mutar kan itu ada yang nyangkut," ucap Ralph kepada wartawan di Media Center JIExpo, Rabu (12/6).

Akibatnya, tarikan tersebut menyebabkan komidi putar roboh atau ambruk ke samping. Sejumlah pengunjung yang naik pun terjatuh dan mengalami luka-luka ringan. Ralph pun membantah jika ada korban yang mengalami luka berat.

"Memang ada 4 orang yang lagi main. Tapi yang paling penting saat itu juga kita mengambil tindakan cepat, yang luka-luka langsung kita lakukan perawatan cepat P3K setelah itu kita bawa ke RS terdekat untuk pengecekan," lanjutnya.

Setelah kejadian, ia mengaku jika wahana langsung ditutup dan disegel oleh pihak pengelola. Pengelola pun melakukan pengecekan dan pemeriksaan oleh tim safety, serta memperbaiki komidi putar.

"Setelah pengunjung pulang besok paginya tim safety masuk, mendirikan kembali melihat memperbaiki hal tersebut. Setelah berdiri secara normal kuat, aman semua enggak ada masalah. The next day jam 9 atau jam 10 mereka melakukan hal tersebut sehingga sudah aman, sudah berlaku," tambah Ralph.

Sebelumnya, wahana komidi putar di arena PRJ atau JFK, ambruk. Kapolsek Kemayoran Kompol Syaiful Anwar mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Senin (10/6) malam. Sejumlah pengunjung dilaporkan menderita luka-luka dalam peristiwa tersebut. 

"Benar roboh, kejadiannya Senin malam. Menurut saksi di lokasi enggak ada korban jiwa, beberapa orang hanya lecet saja," ucap Syaiful saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/6).

Saat ini polisi sudah memeriksa sejumlah saksi terkait insiden tersebut. Adapun wahana sudah bisa kembali digunakan oleh pengunjung pada Rabu sore. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wahana Komidi Putar Ambruk, Ini Penjelasan PRJ",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru