kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pentingnya kemasan ciamik untuk membangun citra UMKM


Senin, 12 Agustus 2019 / 20:54 WIB
Pentingnya kemasan ciamik untuk membangun citra UMKM
ILUSTRASI. Diskusi kemasan produk UMKM di Kementerian Koperasi dan UKM


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Moka dan Fokus UMKM berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM menggelar UMKM Festival 2019. Festival berupa kompetisi kemasan produk ini digelar untuk memicu para pelaku UMKM berkreasi dan berinovasi mengembangkan produknya.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit menilai kemasan (packaging) merupakan bagian penting dari strategi pemasaran. Kemasan tidak sekadar mewadahi dan melindungi, tapi juga unsur penting yang memengaruhi minat konsumen pada sebuah produk.

Baca Juga: Permudah akses modal, Jamkrindo tingkatkan penjaminan kredit UMKM

"Sangat disayangkan apabila produk unggulan tidak mampu menembus pasar hanya karena kemasannya tidak menarik atau kurang memberi informasi yang dibutuhkan pembeli. Saya harap kompetisi ini dapat mendorong pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya," kata Victoria dalam acara peringatan Hari UMKM Nasional 2019 di auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Senin (12/8).

Pentingnya kemasan untuk mendukung bisnis UMKM juga disampaikan oleh Ketua Fokus UMKM, Roy Baskoro. Ia berpendapat kemasan dapat membentuk citra sebuah produk, sekaligus menjadi elemen yang membuat tampak berbeda dengan kompetitor.

Baca Juga: Program e-Smart IKM menjaring 3.450 pelaku usaha di 22 provinsi

"Di era pasar bebas seperti ini sangat penting bagi sebuah produk memiliki ciri khas dan keunikan agar dapat melekat di ingatan konsumen. Untuk itu para pelaku usaha dituntut untuk senantiasa kreatif dalam mengemas produknya," ujar Roy.

Acara ini juga dilengkapi diskusi interaktif A Cup Of Moka (ACOM) yang merupakan edukasi berkesinambungan yang dilakukan Moka untuk mendukung pengembangan UMKM, sehingga mampu bersaing dan berinovasi melalui teknologi.

"Dari kompetisi ini diharapkan lahir produk UMKM unggulan yang mampu bersaing hingga internasional," kata Bayu Ramadhan, VP Brand and Marketing Moka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×