Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Penyedia kantor bersama lanjutkan ekspansi

Rabu, 18 Juli 2018 / 11:16 WIB

Penyedia kantor bersama lanjutkan ekspansi
ILUSTRASI. Coworking space Cocowork



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri start up yang terus tumbuh di Tanah Air membuat pengelola co-working space alias kantor bersama semakin ekspansif. Salah satunya Kolega.

Kantor bersama besutan dari Rafi Rachmanzah ini berencana membuka dua kantor Kolega lagi, yakni masing-masing ada di Jakarta dan Bandung. "Dua kantor anyar ini bakal kami buka di akhir bulan ini," kata Rafi, Chief Executive Officer dan Co-Founder Kolega kepada KONTAN, Selasa (17/7).

Bila dua kantor tersebut dibuka, maka perusahaan ini sudah mengelola 10 kantor bersama. Adapun delapan kantor bersama lainnya sudah beroperasi di sekitar Jakarta.

Menurutnya, ekspansi tersebut bisa terealisasi karena ada permintaan dari pasar. Dalam hal ini adalah para start up. Sebab anak dari Hiramsyah Thaib ini tidak akan ekspansi bila belum ada permintaan pasar.

Kebetulan, pasar yang dibidik Kolega tergolong unik. Mulai dari start up yang baru mulai berbisnis, hingga start up yang sudah kategori korporasi atau malah korporasi. Makanya, lokasi dari kantor sewaan Kolega beragam. Mulai dari berbentuk rumah toko (ruko) hingga gedung perkantoran kelas A yang ada di segitiga emas.

Saat ini, tarif kantor bersama Kolega berkisar antara Rp 1 juta per orang per bulan sampai Rp 4 juta per orang per bulannya.

Ia optimistis dengan strategi ini bisa membuat bisnis Kolega bisa tumbuh positif. Makanya, setelah membuka dua kantor bersama akhir bulan ini, Rafi berencana memperbanyak kantor sewa hingga mencapai 20 kantor sampai 2019 nanti.

Maklum, Kolega menargetkan bisa menjaring 8.000 anggota dan sekitar 4.000 anggota berstatus aktif pada tahun depan. Saat ini jumlah anggota Kolega baru 5.000 anggota dan yang aktif ada 1.000 anggota. Sedangkan total luas areal kantor Kolega ada 3.000 meter persegi (m²).

Untuk bisa merealisasikan target tersebut, Kolega berencana mencari pendanaan dari investor. Sayang, Rafi tidak merinci jumlah dana yang disiapkan termasuk identitas dari investor bidikan. Sejauh ini, dana untuk mengurusi bisnis yang sudah digeluti sejak 2015 ini masih berasal dari kantong sendiri.

Pemain lain, Cocowork juga tak mau kalah. Malah, perusahaan yang dulu bernama Ev-Hive ini berencana menambah kantor bersama di delapan lokasi. "Dalam waktu dekat kami akan buka satu lokasi di Jakarta dan Yogyakarta. Untuk Bandung dan Makasar sudah ada beberapa calon lokasi," tukas Rina Kurniawan, Public Relation Executive Cocowork kepada KONTAN, Selasa (17/7).

Saat ini, Cocowork sudah mempunyai 21 lokasi kantor bersama yang tersebar di Jakarta, dan satu lokasi masing-masing di Tangerang dan Medan. Dengan total luas kantor bersama mencapai 30.000 m². Jumlah anggota yang sudah digaet perusahaan ini ada 2.300 anggota yang berasal dari 300 perusahaan.

Eleony Shelly, Corporata Business Development UnionSpace juga menyebut bila pihanya berencna menambah kantor bersama lagi di sejumlah lokasi di Jakarta pada paruh kedua tahun ini. Namun ia tidak merinci jumlahnya.

Di paruh pertama tahun ini, perusahaan itu juga sudah menambah dua kantor bersama lagi. Sehingga saat ini kantor bersama UnionSpce sudah ada empat kantor yang semuanya ada di ibukota.

 

Reporter: Puspita Saraswati
Editor: Sanny Cicilia

PROPERTI

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0011 || diagnostic_api_kanan = 0.0956 || diagnostic_web = 0.4065

Close [X]
×