kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pijat bikin anak sehat dan bugar, bisnis pun lancar


Kamis, 28 Oktober 2010 / 14:57 WIB
Pijat bikin anak sehat dan bugar, bisnis pun lancar
ILUSTRASI. Titik Nurhayati


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Tri Adi

Terapi pijat tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa atau orangtua. Jenis terapi ini juga banyak dilakukan pada bayi dan anak-anak. Terutama untuk mengobati otot terkilir atau meningkatkan imunitas tubuh. Pijat membuat tubuh menjadi bugar karena memperlancar aliran darah.

Dari dulu, pijat bayi banyak dipercayakan ke dukun bayi tradisional yang kebanyakan sudah berumur puluhan tahun. Namun, profesi dukun bayi ini lambat laun semakin susah ditemui. Padahal, di sisi lain, permintaan terapi pijat bayi semakin meningkat.

Potensi usaha inilah yang dilirik Fifi Lim, dengan menawarkan waralaba pijat khusus bayi dan anak Bubble N Me. Ide usaha ini muncul di benaknya setelah 5 tahun sebelumnya sukses menawarkan spa khusus ibu hamil Mom N Jo Spa. "Setelah anak keluar dari rahim juga perlu mendapatkan perhatian ekstra. Tidak hanya nutrisi dari makanan dan minuman, tetapi juga dari segi medis melalui terapi pijat," katanya.

Fifi menambahkan, terapi pijat bayi dan anak mempunyai manfaat besar. Pasalnya, anak yang sering dipijat akan mengalami peningkatan imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit. Terapi pijat juga membuat anak lebih rileks, percaya diri dan bisa mendukung aktivitas belajar.

"Menurut pengalaman saya sebagai ibu, saya melihat banyak sekali manfaat dari terapi pijat untuk bayi dan anak," tutur Fifi, yang memiliki satu anak. Karena itulah ia yakin bisnis yang dilakoninya cukup menjanjikan.

Analisisnya itu terbukti. Meski baru ditawarkan sejak pertengahan tahun ini, sudah banyak investor yang tertarik membeli tawarannya. Bahkan, sejak dua bulan lalu, salah satu mitranya di Bali sudah mulai mengoperasikan gerai pijat Bubble N Me. "Dalam waktu dekat, gerai di Depok juga akan mulai beroperasi," katanya. Selain itu beberapa calon mitra lain masih dalam proses negosiasi.

Pijat bersertifikat

Fifi menawarkan waralaba Bubble N Me dengan paket investasi sebesar Rp 250 juta. Biaya investasi sebesar itu akan digunakan untuk kebutuhan dan pengembangan usaha. Meliputi pelatihan tukang pijat, aplikasi sistem komputer, perlengkapan pijat, air conditioner (AC), renovasi gedung, furnitur dan pemakaian merek selama lima tahun. Tapi, "Itu belum termasuk sewa gedung, karena setiap lokasi tarif sewanya berbeda," imbuh dia.

Bubble N Me menyediakan beberapa jasa terapi pijat. Pertama, jasa terapi pijat bayi untuk usia baru lahir hingga 12 bulan. Kedua, jasa terapi pijat untuk anak dengan usia antara satu tahun hingga 12 tahun. Bubble N Me juga menyediakan terapi khusus berupa baby swim dan bubble bath. "Khusus untuk pijatan saya menggunakan teknik nurturing touch yang sudah bersertifikat," ujar Fifi.

Untuk setiap jasa yang ditawarkan, Fifi memasang tarif Rp 60.000-Rp 90.000 setiap kali terapi. Ia mengatakan, berdasarkan pengalaman gerai Bubble N Me di Denpasar, Bali, setiap hari omzet berkisar Rp 800.000 sampai Rp 2,5 juta. Padahal, gerai tersebut baru beroperasi bulan Agustus lalu. "Kalau dihitung rata-rata, omzet per bulannya sekitar Rp 30 juta," katanya.

Dengan asumsi pendapatan tersebut, Fifi memperkirakan mitra bisa kembali dalam jangka waktu satu hingga dua tahun. Lamanya return on investment (ROI) itu lantaran Fifi juga menarik biaya royalti 10% dari pendapatan setiap bulan, ditambah biaya promosi 3%. Fifi menyarankan calon mitra menggunakan ruang usaha yang memiliki luas 50 m² hingga 75 m².


Bubble & Me
Darmawangsa Square,
The Citywalk 2nd floor No.17 & 29-30
Jakarta Selatan
Telp. (021) 72780760 HP. 081315579999

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×