kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potensi cuan bertambah dari bisnis Pertashop


Kamis, 24 Juni 2021 / 16:19 WIB
Potensi cuan bertambah dari bisnis Pertashop
ILUSTRASI. Petugas mengisi BBM jenis Pertamax ke sebuah mobil di Pertashop Desa Sibedi, Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (23/6/2021).


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Animo masyarakat di berbagai daerah terhadap bisnis SPBU Mini dengan label Pertashop, semakin hari semakin tinggi. Lihat saja, sudah ada 1.498 Pertashop yang beroperasi di berbagai daerah. Ini menjadi tanda, buka usaha Pertashop menjanjikan keuntungan.

Lalu apa sih Pertashop itu? Pertashop merupakan salah satu lembaga penyaluran resmi Pertamina sekala kecil untuk melayani kebutuhan konsumen Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG (non subsidi), dan produk ritel lainnya yang belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina Lainnya, dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel perusahaan minyak dan gas pelat merah itu.

Lalu bagaimana bila ada yang ingin menjadi mitra Pertashop? Di sini, Pertamina memberikan keuntungan yang menarik, bila ingin bermitra.

Yang pasti, kerja sama yang menguntungkan, modal usaha yang kecil, jaminan ketersediaan bahan bakar, takaran dan kualitas BBM, lahan yang diperlukan tidak luas.

Baca Juga: Persaingan bisnis pompa bensin mini di daerah kian semarak

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Sub Holding Comercial and Trading, Putut Andriatno menegaskan, selain mudah, mitra yang ingin bermitra dengan Pertashop ini juga bisa merasakan keuntungan lainnya.

"Adanya dukungan fasilitas pembiayaan, baik KUR maupun kredit lainnya dari perbankan hasil kerja sama Pertamina dengan Bank Himbara," kata Putut dalam keterangannya, Rabu (23/6).

Kemudian dari segi perizinan usaha tidak ribet alias sangat sederhana. Nah, yang tak kalah penting adalah produk yang ditawarkan dari Pertashop yakni produk yang berkualitas (Pertamax, Dexlite, Bright Gas dan Pelumas Pertamina).

Dikutip dari laman resmi kemitraan Pertamina, ada dua skema bisnis membuka usaha Pertashop atau SPBU mini Pertamina yakni skema DODO dengan biaya investasi dan biaya operasional seluruhnya ditanggung mitra. Untuk skema pertama, biaya yang diperlukan untuk investasi awal dan operasional adalah sebesar Rp 250 juta.

Skema kedua adalah CODO atau biaya investasi dilakukan oleh Pertamina, sementara mitra hanya cukup mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasi. Modal yang dibutuhkan untuk skema kedua yakni sekitar Rp 80 juta.

Pertamina juga memiliki ketentuan luas minimum dan kapasitas tangki untuk membuka bisnis Pertashop. Contohnya, untuk membuka usaha Pertashop Gold, maka luas minimum yang diperlukan yakni kurang lebih 210 meter persegi atau 15 x 14 meter.

Baca Juga: Sampai Juni 2021, terdapat 1.498 Pertashop yang telah beroperasi

Lalu tangki penyimpanan memiliki kapasitas 3 KL upper ground dengan omzet rekomendasi sebesar 400 liter per harinya. Untuk produk yang dijual di Pertashop antara lain Pertamax, Dexlite, LPG non-subsidi, dan pelumas.

Bagi masyarakat yang berminat untuk membuka bisnis Pertashop Pertamina bisa mengikuti prosedur pendaftaran online melalui laman web https://ptm.id/MitraPertashop.  Calon mitra kemudian dapat memilih menu Informasi Pendaftaran dan klik pada tombol “Daftar Sekarang”.  Setelah itu, tinggal input data-data yang dibutuhkan.

Pertamina juga terus meningkatkan perkembangan dan penyebaran SPBU mini di berbagai pelosok. Karena dengan hadirnya Pertamina di berbagai pelosok diharapkan dapat menjamin ketersediaan energi berkualitas bagi masyarakat.

Selain itu juga sebagai peluang meningkatkan perekonomian di suatu daerah. Ini tentunya, sejalan dengan semakin pulihnya ekonomi dan daya beli sejak pandemi Covid-19, animo masyarakat terhadap bisnis Pertashop juga turut meningkat.

Tahun 2021 saja, pihak Pertamina telah menargetkan bisa membangun 10.000 Pertashop yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu dilakukan karena animo masyarakat terhadap Pertashop begitu tinggi.

Untuk itu, bagi yang ingin mulai usaha tak perlu berpikir panjang, karena Pertashop ini memiliki peluang usaha yang cukup menarik.  "Bagi yang ingin menjadi mitra cukup hubungi call center 135," jelas dia.

Tak hanya melalui Pertashop, PT Pertamina juga terus memberikan penawaran menarik bagi konsumen. Seperti berbagai diskon yang diberikan Pertamina melalui aplikasi MyPertamina.

Baca Juga: Pertamina targetkan bangun 10.000 Pertashop di seluruh Indonesia

Tanpa batas maksimal pembelian untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex dengan aplikasi MyPertamina bisa mendapatkan diskon sebesar Rp 300 per liter.

Diskon berlaku di seluruh SPBU yang sudah terkoneksi dengan aplikasi MyPertamina. Daftar lengkapnya dapat diakses melalui situs www.mypertamina.id/spbu. Diskon itu pun kini diperpanjang sampai akhir Juni 2021.

Sedangkan melalui sebuah video edukasi, dengan tema "Ngobrol Pertamina Mencari Jodoh",  bersama Komedian Cak Lontong, Pertamina mengingatkan peruntukan penggunaan BBM harus sesuai dengan kapasitas kendaraan.

Komedian Cak Lontong, dalam vidio tersebut mengingatkan agar masyarakat, pengguna kendaraan menggunakan bahan bakar sesuai peruntukan. Jangan sampai, mobil keren, produksi baru, mahal, isinya BBM ron rendah.

Kendaraan yang digunakan oleh masyarakat harus pas dengan porsi BBMnya, sehingga jangan dipaksakan isi bahan bakar tak sesuai peruntukan. " Punya mobil keren itu harus pas penggunaan BBMnya. Mobilnya keren, BBM harus pas dengan seleranya," kata Cak Lontong.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pertamina Buka Peluang Kemitraan Bikin SPBU Mini Pertashop, Begini Pilihan Skema dan Modalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×