kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ralali.com layani online marketplace B2B bagi kalangan UMKM


Jumat, 26 Juli 2019 / 11:08 WIB

Ralali.com layani online marketplace B2B bagi kalangan UMKM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Merujuk data Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 70% dari total hampir 60 juta unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan. Padahal, UMKM menempati posisi penting dalam perekonomian Tanah Air. 

Menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), pada 2018 kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,34%, serta penyerapan tenaga kerja 116,73 juta orang atau 97,02% dari total angkatan kerja yang bekerja.


Meski demikian, tak sedikit pelaku UMKM yang kini mulai mengadopsi perkembangan digital dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Hal ini seakan memberi sinyal positif dalam ekspansi bisnis skala kecil menengah di Indonesia. 

Melihat potensi ini, Ralali.com berupaya menjembatani kebutuhan tersebut. “Kami memastikan sahabat Ralali.com yakni para UMKM yang melakukan transaksi dan datang ke platform Ralali.com akan menemukan segala kemudahan untuk pemenuhan kebutuhan usaha yang one stop solution," ujar Herman Antono, VP BIG Resto Ralali.com.

"Kami kerap melakukan proses 020 (offline-to-online) guna merangkul UMKM, memberikan pengenalan langsung face-to-face tentang Ralali.com pada pelaku UMKM yang berada di berbagai daerah sehingga mereka tepat memahami bahwa Ralali.com menawarkan solusi secara holistik bagi UMKM," lanjut dia.

Sejalan dengan misi untuk membantu para UMKM di Indonesia dengan memberikan kemudahan untuk pemenuhan kebutuhan usaha, Ralali.com yang sedang merayakan  ulang tahun yang ke-6 membawa kejutan signifikan bagi UMKM bertajuk "Beyond To Be SIXnificant". 

Ralali.com akan menghadirkan berbagai promosi, cashback, dan kompetisi menarik bagi para pemasok (seller) dan pembeli (UMKM). Promosi yang ditawarkan antara lain berupa tebus murah minyak goreng 1 karton hanya Rp 99 ribu, gratis ongkir hingga Rp 100 ribu, cashback hingga Rp 660 ribu, dan diskon belanja sampai 96%.

Ralali.com juga terus membantu lebih banyak UMKM dari berbagai segmen usaha melalui ekspansi di berbagai kota di Indonesia, sehingga dapat menjangkau seluruh UMKM yang tersebar di berbagai pelosok negeri. 

Salah satu UMKM yang memanfaatkan platform Ralali.com adala Ruma Catering. Usaha katering yang sudah berdiri sejak 2 tahun silam ini tengah memasuki proses persetujuan pinjaman modal dari penyelenggara industri keuangan berbasis teknologi (Fintech) yang merupakan partner resmi Ralali.com. 

Modal pinjaman yang diajukan Ruma Catering pun cukup besar yakni Rp 700 Juta. “Pinjaman dengan dana sebesar itu, rasanya sulit jika diajukan kepada pihak perbankan karena syarat dan ketentuan yang cukup ketat. Dengan dibantu Ralali.com, pinjaman ini tentunya menjadi solusi yang sangat praktis dan inovatif buat pelaku UMKM seperti kami ini," ujar Anita, dari Ruma Catering.

Isu permodalan menurutnya cukup kompleks bagi pelaku UMKM, terlebih klien Ruma Catering didominasi oleh korporat dan kantor pemerintah yang punya kebijakan masing-masing dalam sistem pembayaran.

"Kami antar katering hari ini, lunas bayarnya baru dua bulan lagi. Sementara kami butuh perputaran uang cepat, sebab supplier atau vendor barang juga punya aturan khusus dalam skema bayar," tuturnya.

Untuk diketahui Ruma Catering yang merupakan lini bisnis dari Griya Group, hingga hari ini telah memberikan lapangan pekerjaan bagi lebih dari 20 karyawan. Layanan yang ditawarkan pun khusus untuk partai besar, seperti acara pernikahan, event tertutup, dan mini bar.

Lantaran tingkat kepuasan yang didapat, sudah tiga bulan terakhir Ruma Catering melakukan transaksi di Ralali.com. Bukan hanya karena pendanaan yang didapat, namun juga efisiensi, kelengkapan vendor, dan kecepatan layanan yang ditawarkan platform solusi bisnis ini kepada Ruma Catering dan pelaku UMKM lainnya.


Reporter: Tendi Mahadi
Editor: Tendi

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0004 || diagnostic_web = 0.3038

Close [X]
×