kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45878,14   -8,04   -0.91%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rebranding, LandX Dorong Layanan Pendanaan Startup


Minggu, 30 April 2023 / 18:45 WIB
Rebranding, LandX Dorong Layanan Pendanaan Startup
ILUSTRASI. Chief Executive Officer LandX, Romario Sumargo.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. LandX telah mendeklarasi proses re-branding di awal kuartal tahun 2023 dengan meningkatkan layanan dan menitik-beratkan dalam membantu perusahaan rintisan (startup). Sehingga akan menjadikan perusahaan lebih dari sekedar platform securities crowdfunding. LandX juga perlahan merubah identitasnya menjadi ICX (Indonesia Crowdfunding Exchange).

CEO dan Co-Founder LandX Romario Sumargo menjelaskan perubahan dari re-branding LandX ini bukan sebuah indikasi bahwa industri securities crowdfunding tidak lagi menarik. Menurutnya, potensi menjadi pelaku di industri securities crowdfunding dan mendukung perusahaan UKM masih sangat baik, walaupun memiliki tantangan yang sangat beragam.

"Namun peningkatan layanan ini kami lakukan karena kami merasa bahwa tim LandX bisa memberikan dampak lebih kepada para pengusaha dan pemilik bisnis Indonesia untuk lebih berkembang," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (30/4).

Dari sana, LandX akan berfokus kepada perusahaan-perusahaan rintisan (startup). Romario juga menyatakan bahwa startup Indonesia memiliki prospek yang menjanjikan, berdasarkan startuprangking, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan jumlah startup tertinggi ke-5 di dunia dengan total 2.341 perusahaan pada tahun 2022.

Baca Juga: Indonesia dan Jerman Jalin Kerjasama Tranformasi Digital

Meski di Tahun 2023 industri startup menghadapi ‘tech winter’ yang mempengaruhi pendanaan hingga 60% untuk perusahaan teknologi, LandX melihat peluang ini bukan hanya bagi startup non-teknologi. Pihaknya percaya perusahaan non-teknologi juga memiliki pertumbuhan tinggi di masa depan.

"Perusahaan rintisan berbasis layanan, makanan, dan hospitality juga memiliki pertumbuhan yang positif,” tambahnya.

Di samping memberikan pendanaan, LandX juga memungkinkan para perusahaan startup yang di-danai untuk mendapatkan sumber daya dan dukungan strategis yang dibutuhkan dalam menopang pertumbuhan perusahaan. Manfaat strategis lain yang diperoleh meliputi jaringan, kemitraan, bimbingan dan kredibilitas.

“Kami senang dengan memperkenalkan ICX, re-branding ini membantu kami lebih fokus pada tujuan utama yaitu membantu startup tumbuh dan berkembang. Kami ingin menjadi mitra tercpecaya bagi para pengembang bisnis di Indonesia dalam mengatasi tantangan yang akan mereka hadapi ke depannya," sambungnya.

Sementara mengenai detil dari teknis pelaksanaan operasional ICX dan operasional bisnis yang sudah berjalan sebelumnya (securities crowdfunding) Romario menegaskan bahwa perusahaan masih memiliki komitmen untuk memfasilitasi 43 perusahaan UKM dengan para investornya.

"Sementara untuk operasional ICX akan kami informasikan pada saat peluncuran ICX yang akan diluncurkan pada bulan Mei 2023," tutup Romario.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×