kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rencana matang agar bisnis foodtruck melaju kencang


Selasa, 06 Februari 2018 / 11:05 WIB
Rencana matang agar bisnis foodtruck melaju kencang


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Foodtruck kini kian mudah kita jumpai. Tengok saja di sejumlah event pameran. Ambil contoh di Jakarta Expo Kemayoran. Seringkali, foodtruck ikut hadir di sana menyajikan berbagai makanan untuk para pengunjung pameran.  

Bagi pengusaha kuliner, foodtruck bisa menjadi salah satu alternatif, jika ingin menggelar lapak jualan yang bersifat sementara. Atau bisa juga menjadi layanan tambahan bagi konsumen yang ingin mengundangnya di rumah. Selain itu, foodtruck juga menjadi pilihan untuk mengakali kian tingginya biaya sewa tempat.

Ketua Komunitas Food Truck Jakarta, Joko Waluyo mengatakan bahwa berbisnis foodtruck memang sangat meringankan pengusaha kuliner. "Enaknya punya foodtruck itu praktis. Cooking, preparing, serving, cashiring di satu tempat, enggak repot," ujar Joko dalam talkshow Revolusi Wirausaha, Expanding Your Entrepreneurial Journey with Foodtruck di Gandaria City, akhir pekan lalu.

Senada dengan Joko, Andrew Nugroho, owner Es Teller 77 juga mengatakan, bisnis foodtruck punya potensi bagus. "Karena memudahkan para pebisnis untuk menjemput bola," ujarnya.

Namun, berbeda dengan gerai di mal yang lebih stabil, keramaian foodtruck tergantung pada sebuah event. "Kalau ramai acaranya, peluangnya bagus," tambah Andrew.

Tetapi sebagai pengusaha yang akan menggunakan foodtruck, Joko menyarankan untuk melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum menjalankan usaha. Pasalnya, pengusaha tetap harus mengeluarkan modal dan investasi yang cukup besar.  

Untuk memudahkan pemain baru yang ingin terjun ke bisnis foodtruck, Auto 2000 mengemas sebuah paket untuk mereka. Yakni, menyediakan kendaraan plus paket waralaba bisnis foodtruck. Sampai saat ini, mereka baru menggandeng satu jaringan waralaba yakni Es Teller 77.

Anak perusahaan PT Toyota Astra Motor ini menyediakan Toyota Dyna. "Setiap pembelian Toyota Dyna di paket ini, konsumen akan mendapatkan satu paket waralaba, karoseri serta jaminan layanan lainnya," ujar David Tuerah, Sales Developoment and Logistic Department Head Auto 2000.

Untuk paket lengkap ini, banderol harganya Rp 1 miliar. "Di dalamnya, termasuk kitchen equipment dan peralatan standar dari Es Teller 77," jelas Ardian Nur, Operation Manager Auto 2000 Wilayah DKI II.

Auto 2000 juga akan menggandeng pemain lain. Salah satunya Warunk Upnormal. Rex Marindo, Owner dan Direktur Marketing Warunk Upnormal mengatakan akan bekerjasama dengan Auto 2000 untuk membangun bisnis foodtruck tak lama lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×