kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Reseller: Cetak omzet tinggi dengan modal mini


Kamis, 17 Oktober 2013 / 14:33 WIB
Reseller: Cetak omzet tinggi dengan modal mini
ILUSTRASI. Kapal selam pembawa rudal balistik bertenaga nuklir Project 955A (Borei A) Knyaz Oleg memulai uji coba pelayaran laut pertamanya di Laut Putih, Severodvinsk, Rusia, Minggu (30/5/2021). Upaya Polandia Tingkatkan Pasukan NATO di Wilayahnya Direspons Rusia.


Reporter: Sri Sayekti | Editor: Tri Adi

Internet membuka peluang berbisnis bagi siapa pun yang berada di mana pun. Anda tidak perlu khawatir jika modal yang Anda miliki terhitung minim. Salah satu peluang usaha yang layak Anda jajal adalah menjadi reseller.

Skema bisnis reseller yang populer saat ini ada dua. Di bentuk pertama, Anda tak ubahnya penjual eceran konvensional. Jadi, Anda harus kulakan, menyetok barang, dan menangani berbagai urusan dengan pembeli, mulai dari mencari, menangani order, mengemas, mengirim, dan tentu memproses pembayaran.

Di skema kedua yang biasa disebut dropship, peran Anda tidak ubahnya seorang perantara. Anda meneruskan order dari calon pembeli ke pemilik barang. Jadi, barang dagangan bukan milik dropshipper, melainkan tetap si pemasok. Urusan pengiriman pun menjadi tanggung jawab si pemasok.

Tentu, Anda juga bisa memainkan peran keduanya, seperti yang dilakukan Reni Yanuarni, pemilik situs belanja tokobundaonline.com. Untuk produk tas boncengan sepeda motor, yang menjadi andalan situsnya, Reni berperan layaknya reseller.

Reni memesan sabuk boncengan sepeda  motor itu langsung ke produsennya, hingga bisa mengantongi margin sekitar 50%. Di situsnya, Reni memasang banderol harga Rp 110.000 per buah untuk sabuk boncengan sepeda motor. Dalam sebulan Reni, mampu menjual antara 50 hingga 60 buah. Untuk mendapat harga reseller, Reni harus memesan dua lusin.

Adapun untuk tas travel, produk lain yang ditawarkan tokobundaonline.com, Reni memilih skema dropship. Alasan Reni, harga tas tersebut lumayan mahal, sekitar Rp 200.000-Rp 450.000. “Perlu modal lebih besar untuk menyetok barang,” tutur Reni memberi alasan.

Selain itu, ia juga tidak direpotkan dengan urusan pengemasan dan pengiriman barang, jika menjadi dropshipper. Sebagai dropshipper, Reni akan meneruskan order dari pengunjung situsnya ke pemasok. Begitu urusan pembayaran kelar, si pemasok akan mengirim produk ke pembeli di situs Reni, dengan menggunakan identitas pengirim Reni.


Ikuti  tren

Jumlah modal dan seberapa banyak waktu bisa menjadi patokan Anda untuk menentukan apakah ingin menjadi reseller atau cukup menjadi dropshipper. Jika modal pas-pasan dan Anda tidak punya cukup waktu mengurus pengepakan serta pengiriman, skema dropshipper lebih pas. Anda tinggal memasarkan dan menikmati keuntungan. Pilihan reseller bisa diambil jika situasi Anda kebalikan dengan yang di atas.

Tentu saat memilih skema reseller, Anda juga berhadapan dengan pertanyaan produk apa yang punya prospek menarik? Jawaban untuk pertanyaan ini bisa jadi tidak terbatas. Sejatinya, bisnis online terbuka untuk aneka produk, mulai dari yang unik, semacam sabuk boncengan sepeda motor, hingga barang kebutuhan sehari-hari, seperti kosmetik.

Tengok saja pengalaman Retno Ummy yang sejak tahun 2010 menjadi reseller untuk kosmetik Wardah. Di awal usahanya, Retno cuma membukukan penjualan Rp 2 juta per bulan. Kini, ia bisa memutar uang hingga  Rp 80 juta per bulan.

Saat awal merintis bisnis reseller kosmetik, Retno langsung kulakan ke kantor Wardah cabang Bogor. Ia membenarkan, kosmetik tak sulit dicari di ritel modern ataupun toko-toko pasar tradisional. Namun, tutur Retno, banyak kota yang belum terjangkau jaringan distribusi produsen kosmetik. Nah, penduduk di daerah itu yang menjadi target market Retno. “Pelanggan saya berasal dari Papua, Kalimantan, dan kota-kota kecil di Jawa Tengah serta Jawa Timur,” ujar Retno.

Pelanggan Retno tak cuma konsumen akhir, tetapi juga reseller. Untuk pembeli yang berstatus reseller, Retno membagi separuh dari total diskon yang ia dapatkan dari produsen, yaitu 20%.

Selain memasarkan secara online melalui www.tokowardah.com, sejak pertengahan 2011, Retno membuka gerai di Babakan Tengah, Bogor. Namun penjualan online tetap menyumbang porsi terbesar, hingga 80%, dari total omzet.

Menurut pengamatan Retno, saat ini orang cenderung malas jalan untuk membeli kosmetik. “Mereka pilih belanja online, meski harus keluar biaya kirim,” ujar Retno.

Reni menyumbang tip lain saat memilih produk yang hendak dijual. Menurut dia, reseller harus pintar mengendus tren terbaru, agar tidak kesulitan mencari pelanggan, sekaligus mempertahankan pembeli yang sudah ada. Nah, tiap produk biasanya punya umurnya masing-masing. Ia mencontohkan, model suatu tas travel biasanya cuma bertahan satu tahun.

Supaya barang tidak lama terpendam di gudang, Anda bisa merekrut reseller. Taufik Triwidiyanto, pemilik gerai www.tatatunik.com menyebut, reseller lain bisa menjadi mitra untuk menjangkau konsumen.

Sebagai pebisnis niaga, tentu juga Anda harus menjaga hubungan dengan pemasok. Reni tidak sepakat apabila reseller wajib mencari pemasok dengan harga termurah. “Saya lebih mengutamakan kenyamanan dan kepercayaan. Kalau sudah dapat pemasok yang cocok, tak perlu ganti,” ujar Reni.       

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×