kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segar bugar cuan usaha rumah pijat


Selasa, 18 November 2014 / 16:31 WIB
Segar bugar cuan usaha rumah pijat
ILUSTRASI. Manfaat talas untuk kesehatan tubuh.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Havid Vebri

Rumah pijat kini kian menjamur khususnya di wilayah perkotaan. Maklum saja, kepenatan akibat aktivitas yang padat membuat sebagian masyarakat metropolitan butuh relaksasi agar tubuh kembali segar.

Meski permintaan konsumen terbilang tinggi, namun persaingan di dalamnya pun juga makin ketat. Jadi, para pelaku usaha di bisnis ini harus pintar-pintar melihat peluang. Salah satu pelaku usaha yang berkecimpung di bisnis rumah pijat adalah Juwono, pemilik Fitto Reflexology.

Dia menjalankan usaha ini dengan memberi pelayanannya yang cukup lengkap dan memberikan konsep berbeda. Di setiap gerainya, Juwono memberikan konsep desain interior yang berbeda-beda di setiap ruangan, seperti Thai room dan lainnya.

Selain itu Fitto Reflexology merupakan rumah pijat syariah berkonsep keluarga. “Kalau konsumen kita laki-laki yang memijat juga laki-laki,” katanya pada KONTAN. Fitto Reflexology sudah eksis sejak tahun 2008, dengan konsep awal sekolah pijat. Berselang setahun Juwono kedatangan investor dan bekerjasama untuk membuka rumah pijat sekaligus sekolah pijat.

Jika tertarik menjalankan usaha rumah pijat ini, Juwono menawarkan kemitraan dengan investasi sebesar Rp 100 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah sistem manajemen, pelatihan selama empat tahun, perijinan usaha, branding dan desain interior. Mitra juga harus menyediakan tempat dengan luas minimal sekitar 15 meter (m) x 5m.

Terapis dari pusat

Sementara untuk pengadaan terapis, mitra tidak perlu khawatir karena akan disediakan oleh pusat. "Seluruh terapis yang ada di gerai mitra merupakan siswa lulusan dari sekolah pijat Fitto," kata Juwono.

Sampai sekarang sudah ada delapan mitra yang bergabung di beberapa lokasi seperti di Kediri, Padang, dan Solo. Fitto menyediakan delapan layanan pijat seperti bekam, shiatsu, head massage, Thai massage dan lainnya. Harga layanannya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per jam.

Dalam sebulan, mitra dapat mengantongi omzet sekitar Rp 20 juta−Rp 30 juta. Biaya royalti dikutip 8% per bulan. Setelah dikurangi biaya operasional, porsi keuntungan bersih yang didapatkan mitra sekitar 10%−40% dari omzet tiap bulan.

Berdasarkan perhitungan Juwono, mitra bisa balik modal sekitar 1,5 tahun dan maksimal 2,5 tahun. Dengan catatan lokasi strategis dan mitra juga gencar melakukan promosi dan menjalankan sistem manajemen yang disarankan.

Konsultan bisnis, Erwin Halim menilai, potensi pasar bisnis pijat refleksi masih lumayan besar. Hanya saja, banyak kendala yang harus dihadapi para pemilik usaha, seperti tingginya tingkat keluar dan masuk para terapis. Sehingga perlu dipikirkan cara untuk membuat para karyawan betah. Selain itu, lokasi juga penting karena tempat sangat mendukung kinerja usaha.        

Fitto Reflexology     
Jl. Tanjung Duren Raya No. 25, Jakarta Barat
HP: 0819 3265 8331

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×