kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segar rasa capcin, segar pula laba usahanya


Selasa, 22 April 2014 / 12:21 WIB
Segar rasa capcin, segar pula laba usahanya
ILUSTRASI. Template poster Hari AIDS Sedunia 2022.


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Rizki Caturini

MINUMAN ringan yang disajikan menggunakan gelas plastik sedang menjadi tren. Salah satunya yang sedang marak adalah capucino cincau atau biasa disebut capcin. Selain bisa menghilangkan dahaga, campuran cincau dalam minuman ini dipercaya bisa meredakan panas dalam.

Lantaran mudah diterima oleh lidah masyarakat, banyak pengusaha melirik usaha ini. Salah satunya yaitu Kurnaedi, yang mendirikan usaha Indoseger Capcin di Karawang, Jawa Barat, sejak tahun 2013.

Untuk mengembangkan usaha ini, Kurnaedi langsung menawarkan kemitraan. Meskipun relatif baru beroperasi, ia sudah mengembangkan tujuh gerai yang tersebar di Karawang dan Bekasi. Perinciannya, satu gerai milik sendiri dan sisanya milik mitra usaha.

Ingin bergabung menjadi mitra? Kurnaedi menawarkan dua paket kemitraan. Pertama, paket kemitraan di pulau Jawa, seharga Rp 5 juta. Di sini mitra akan mendapat peralatan lengkap seperti booth, blender, bahan baku awal, x-banner, dan mesin cup sealer.

Kemudian, kedua, paket luar Jawa seharga Rp 6 juta. Perlengkapan yang didapat mitra tetap sama dengan paket yang sebelumnya. Mengacu gerai yang telah beroperasi, dalam sehari satu gerai bisa menjual 30−40 cup capcin. Menurut perhitungan Kurnaedi, mitra bisa mengantongi omzet berkisar Rp 4,5 juta sampai Rp 6 juta sebulan.

Setelah dikurangi biaya bahan baku, membayar gaji karyawan, sewa tempat sebulan, serta biaya operasional lain, mitra masih bisa mengantongi laba bersih 45% dari omzet. Jika target tercapai, mitra berpeluang balik modal dua bulan sampai tiga bulan.

Pusat tidak mengutip biaya royalti dari mitra. Namun, mitra usaha wajib membeli semua bahan baku dari pusat. Untuk membedakan produknya dengan kompetitor, Kurnaedi memadukan capcin dengan bola-bola tapioka atau bubble. Selain itu, ada 11 varian rasa yang ditawarkan, antara lain: vanila latte, moccacino, anggur, dan cokelat.

Harga capcin Kurnaedi dibanderol Rp 5.000 per cup. "Kami tidak menggunakan pengawet, sehingga aman dikonsumsi. Rasa capucino juga tidak terlalu pahit," ujar Kurnaedi berpromosi. Sila Anda cermati lagi penawaran ini.           n

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×