kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentra tanaman di Bekasi: Harga murah (1)


Rabu, 26 September 2012 / 20:10 WIB
Sentra tanaman di Bekasi: Harga murah (1)


Reporter: Revi Yohana | Editor: Havid Vebri

Anda yang berada di kawasan Bekasi Timur dan sekitarnya, tak perlu jauh-jauh mencari lokasi penjualan tanaman hias. Di Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur terdapat sentra tanaman hias hingga tanaman buah.

Berdiri sejak tahun 1990, sentra ini diramaikan sebanyak 20 kios tanaman hias. Akses jalan menuju kawasan ini tidak terlalu sulit. Bila dari Jakarta, Anda bisa melajukan kendaraan menuju daerah Kalimalang, Jakarta Timur.

Dari situ terus hingga melewati Metropolitan Mal.Dari mal ini lurus terus hingga ketemu pertigaan pertama lalu belok kanan. Kurang dari 1 kilometer (km) Anda sudah menemukan sentra tanaman hias ini. Kios-kios tanaman hias ini berderet rapi di sisi kiri jalan sepanjang 500 meter tersebut.

Lingkungannya juga termasuk nyaman dan bersih untuk dikunjungi. Sentra ini juga tidak terlalu ramai. Akses kesana merupakan jalan satu jalur dan tidak macet. Namun, sentra ini tidak memiliki tempat parkir. Sehingga, pengunjung harus memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan tepat di depan deretan kios.

Salah seorang pedagang tanaman hias di tempat ini adalah Siti Marwiyah. Pemilik kios "Rahmat Jaya" ini termasuk pedagang senior di kawasan ini . "Saya sudah 20 tahun berdagang di tempat ini," kata Siti.

Menurutnya, pembeli tanaman hias di tempat ini bervariasi, mulai dari perorangan hingga kontraktor perumahan. Instansi pemerintah setempat juga kerap membeli tanaman hias dari tempat ini. Kabamyakan untuk penghijauan jalan raya.

Siti juga mengaku beberapa kali melayani turis asing sebagai pembeli. "Saya pernah melayani beberapa turis dari Australia," ujar Siti. Biasanya, turis asing membeli tanaman buah yang tidak ditemukan di negeri mereka, seperti terong, tomat, dan cabai.

Harga tanaman yang dijual Siti bervariasi. Paling murah Rp 2.500 untuk bibit tanaman berumur empat hingga enam bulan. Sementara paling mahal Rp 500.000 untuk tanaman berusia di atas satu tahun. Omzet Siti sekitar Rp 15 juta per bulan.

Pedagang lainnya, Beno menambahkan, selain warga Bekasi, pengunjung sentra ini juga banyak warga Jakarta. Pasalnya, kata Beno, harga tanaman di sentra ini masih jauh lebih murah dibandingkan di Jakarta. "Di Jakarta, bibit paling murah sudah Rp 5.000, di sini masih Rp 2.500," ujar Beno.

Di kiosnya, Beno menyediakan aneka tanaman hias, seperti palem kuning, kamboja jepang, aneka bonsai, kucai mini, hingga tanaman buah seperti mangga, dan sirsak. Selain tanaman hias, ia juga menjual tanaman keras, seperti bibit pohon jati. Setiap bulan ia meraup omzet Rp 5 juta - Rp 10 juta.      

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×