kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siklus Gandeng Snap Clean Hadirkan Produk Siklus Home Care


Kamis, 23 Mei 2024 / 15:38 WIB
Siklus Gandeng Snap Clean Hadirkan Produk Siklus Home Care
ILUSTRASI. Startup Siklus gandeng Snap Clean luncurkan Siklus Home Care


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siklus terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya dengan tetap fokus mengusung solusi ritel berkelanjutan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Perusahaan startup melakukan tiga strategi bisnis untuk semakin tumbuh pesat.

Pertama, Sklus meluncurkan Siklus Home Care, yakni lini produk pembersih untuk rumah tangga hasil kerja sama dengan Snap Clean, manufaktur lokal spesialis cairan pembersih yang sudah piawai melayani segmen Home Care, Industrial, dan Laundry. 

Laksamana Sakti, COO dan Cofounder Siklus pada peluncuran Siklus Home Care mengatakan, peluncuran Siklus Home Care dilakukan sebagai strategi perusahaan untuk meningkatkan margin. 

Ia bilang, sejak awal berdiri, Siklus hadir dengan menjalankan bisnis refill produk pembersih rumah tangga sebagai solusi perdana serta ritel berkelanjutan bagi para supplier tingkat UMKM dan para penjual wholesale, termasuk merek ternama seperti Reckitt, P&G, Nestle, Wipro Unza Vitalis, Unilever, Wings, Total Chemindo, dan Pureco. 

Baca Juga: Inovasi dan Fokus Merek Global, Strategi Unilever Menuju Profitabilitas Berkelanjutan

“Sejak 2024, kami radar bahwa konsep bisnis awal kami ini cuku berat di margin. Oleh arena itu, kami mencoba menggandengn Snap untuk membuat merek sendiri, yakni Siklus Home Care, agar lebih gampang melakukan pemasaran,” ungkap Laksamana, Rabu (22/5).

Seluruh produk dalam lini Siklus Home Care sudah disertai dengan fasilitas Tukar Wadah, sehingga para pengguna bisa turut menjaga kelestarian lingkungan dan kenyamanan rumah mereka secara bersamaan.

Secara bersamaan, Siklus juga mengumumkan pembaharuan identitas perusahaan mulai dari logo hingga situs daring marketplace miliknya. Kini para pengguna dapat berbelanja langsung di Siklus.com dengan berbagai pilihan pembayaran digital serta kurir pengantaran.

Laksamana  menambahkan, Siklus saat ini berada di posisi terdepan dalam gerakan mengurangi ketergantungan serta kelebihan sampah plastik di Indonesia melalui fokus dan pendekatan Reuse dan Recycle yang cermat serta cerdas.

Strategi kedua, Siklus menghadirkan Siklus Private Label.  Perusahaan mulai menghadirkan kemasan berkelanjutan berupa kaca untuk produk makanan sehat dengan merek Bumihara. Produk makanan pertama yang dihadirkan adalah granola, hasil kolaborasii dengan UMKM seka akhir 2023. 

Baca Juga: Wings Food bersama Anak Muda Indonesia Bagikan Kebaikan melalui Acara Halal Bihalal

Strategi ketiga, menghadirkan solusi sustainable online marketplace. Laksamana mengatakan, produk Siklus sudah bisa dibeli lewat Siklus.com. Selain itu, perusahaan juga sudah mengahdirkan produknya di platform e-commerce Tokopedia dan Shopee.

Sejak 2020 hingga Mei 2024, Siklus berhasil menjual 425,000 liter produk ramah lingkungan dan melayani lebih dari 20,000 pengguna aktif di Jabodetabek. “Sepanjang 2024, kami menargetkan penjualan 100.000 liter produk,” kata Laksamana.

Dengan konsep bisnis yang diusung, lanjut Laksamana, Siklus sukses mencegah kelebihan produksi 1,2 juta wadah plastik sekali pakai dan  mengurangi 27,7 ton sampah plastik yang berpotensi masuk TPA berkat layanan Tukar Wadah. 

Layanan bisnis Siklus memungkinkan konsumen mengisi ulang tanpa harus membeli kemasan baru untuk berbagai keperluan rumah tangga yang diinginkan. Program Tukar Wadah Siklus juga mencatat lebih dari 100.000 botol dibersihkan setiap tahunnya.

Baca Juga: Setelah Tampil di CES 2024, Produk Baru LG Electronics Segera Tiba di Indonesia

Siklus  meluncurkan Siklus Home Care setelah melihat tingginya permintaan terhadap beberapa produk pembersih rumah tangga Siklus dalam satu tahun terakhir. Produk ini hadir dalam kemasan jeriken 4 liter. Produk yang bisa segera dinikmati saat ini meliputi Karbol Sereh, Sabun Cuci Tangan aroma stroberi, Sabun Cuci Piring, Pembersih Lantai, Deterjen, Softener, Pembersih Kaca, dan Pembersih Toilet.

“Snap Clean meyakini bahwa kolaborasi adalah salah satu kunci utama dalam memecahkan permasalahan linkungan, dan kami sangat bersemangat bermitra dengan Siklus untuk memperkuat upaya pelestarian lingkungan dari hal-hal kecil berdampak besar, seperti cairan pembersih rumah tangga Siklus Home Care,” ujar Direktur PT Satu Nusa Biru (Snap Clean), Rony Saragih.

Snap Clean secara konsisten menggunakan Surfaktan berbasis minyak nabati, bersifat mudah terurai (biodegradable) sehingga lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan iritasi. Seluruh produk Snap Clean termasuk Siklus Home Care telah teruji klinis dan bersertifikasi Halal, Kemenkes, MSDS, TKDN, dan ISO 9001:2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×