kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,32   -9,47   -0.98%
  • EMAS929.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.05%

Start up Sampingan makin melaju di masa pandemi


Sabtu, 25 September 2021 / 10:10 WIB
Start up Sampingan makin melaju di masa pandemi

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Startup bidang pengembangan sumber daya manusia ternyata bisa tumbuh di masa pandemi Covid-19. Ini terlihat dari hasil yang Sampingan raih. Startup ini fokus di bidang informasi lowongan pekerjaan serta pengembangan bagi pekerja, khususnya pekerja kerah biru.

Wisnu Nugrahadi, Chief Executive Officer dan Co-Founder Sampingan, mengklaim, usaha yang ia dirikan pada 2019 lalu mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan selama pandemi Covid-19. Jumlah mitra yang disebut Kawan Sampingan melonjak tiga kali lipat. Kini, mitra usaha rintisan ini  sudah lebih dari 1 juta.

Membludaknya jumlah mitra lantaran Sampingan menggandeng lebih dari 150 perusahaan. Sebut saja, Bukalapak, Kopi Kenangan, LinkAja, Halodoc, Paxel, dan ShopeeExpress.

Sementara jenis pekerjaan yang menjadi incaran banyak pencari kerja yang sesuai dengan predikat kerah biru: di bidang logistik, makanan dan minuman, serta alih daya alias outsourching.

Perusahaan-perusahaan tersebut bisa memanfaatkan layanan yang Sampingan berikan, seperti mencari pekerja. Dan, layanan dari Sampingan ini bisa perusahaan manfaatkan tanpa perlu tatap muka langsung dengan para calon pekerja.

Tak cuma proses rekrutmen karyawan yang bisa perusahaan lakukan via aplikasi Sampingan, startup ini juga menawarkan fitur pemberian dan pengawasan pekerjaan bagi para pekerja. Terutama, tentu saja untuk pekerja kerah biru.

Baca Juga: Ekspansi Feedloop semakin kencang setelah mendapat injeksi modal

"Sistem yang kami tawarkan tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari beragam lowongan pekerjaan, tetapi pekerja juga bisa memperoleh manfaat kerja yang lebih terukur dan terstruktur," kata Wisnu kepada KONTAN.

Khusus bagi perusahaan, layanan yang Sampingan tawarkan terbilang beragam. Selain ada layanan untuk proses rekrutmen calon pekerja, proses pemberian kontrak kerja juga bisa perusahaan lakukan melalui aplikasi Sampingan.

Namanya: Sampingan Systems, yang menyediakan beragam solusi berbasis perangkat lunak atau software as service (SaaS). Sistem ini akan memudahkan rekan bisnis Sampingan dalam mencari atau mengelola tenaga kerja mereka.

Layanan lainnya, Sampingan Manpower terkait perekrutan. Lalu, Sampingan Solutions yang merupakan solusi menyeluruh yang mengatur pekerja, laju performa, dan pelaporan kinerja secara agregat.

Sayang, Wisnu tidak memerinci pendapatan Sampingan tahun ini. Yang jelas, ia akan terus mengembangkan dan menjangkau lebih banyak lagi pekerja. Dia juga berkomitmen untuk menjadikan Sampingan sebagai platform pencari kerja serta perantara antara perusahaan dan karyawannya yang bisa dipercaya.

Untuk mewujudkannya, Sampingan akan menggunakan pendanaan seri A sebesar US$ 5 juta, yang mereka dapat dari investor yang dipimpin Altara Ventures.   

Selanjutnya: Desty manfaatkan platform marketplace dan media sosial pengguna

 




TERBARU
Kontan Academy
Sukses Presentasi: Membuat Konsep yang Sulit Jadi Mudah Dipahami Batch 3 Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 12

[X]
×