kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Startup Cakap Perkuat Kolaborasi dengan Berbagai Entitas


Jumat, 22 September 2023 / 10:22 WIB
Startup Cakap Perkuat Kolaborasi dengan Berbagai Entitas
ILUSTRASI. Cakap turut jadi peserta dalam ajang HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 di Bali


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Startup pendidikan atau edtech Cakap mengaku terus mencatatkan pertumbuhan pendapatan. Hal ini menunjukkan dengan potensi bisnis di sektor digitalisasi pendidikan masih besar. Pertumbuhan tersebut juga tak lepas dari kolaborasi yang dilakukan platform ini dengan berbagai entitas. 

Tomy Yunus CEO & Co-founder Cakap mengatakan, pada kuartal kedua 2023, pendapatan edtech ini tumbuh dua kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya. Semua segmen bisnisnya mencatat EBITDa positif. 

Ia optimistis bahwa sektor pendidikan masih sangat menjanjikan, terlebih dalam upaya untuk memaksimalkan talenta anak bangsa. “Indonesia memiliki angkatan kerja terbesar di Asean, maka dari itu kami terus optimis untuk ambil bagian dalam proses pemerataan akses pendidikan berkualitas dan membuka potensi talenta-talenta muda Indonesia, agar mampu bersaing baik di tingkat regional Asean maupun global,” kata dia dalam keterangan resminay, Kamis (21/9).

Cakap turut terlibat dalam ajang HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 yang diinisiasi oleh Kemenkominfo baru-baru ini bersama dengan MDI Ventures, modal ventura milik Telkom Indonesia.

Ajang yang digelar di Bali itu mempertemukan usaha rintisan dengan pemangku kepentingan termasuk diantaranya pelaku bisnis, investor hingga berbagai institusi. Perhelatan itu menjadi momentum bagi perusahaan rintisan guna meningkatkan skala bisnis, karena dapat bertemu dengan investor potensial, calon mitra yang bisa membuka peluang kerja sama, hingga pengguna produk (potential user).

Baca Juga: Universitas Prasetiya Mulya Lakukan Pemberdayaan Masyarakat lewat Sains & Technology

Cakap saat ini berstatus sebagai centaur, yakni perusahaan yang memiliki valuasi di atas 100 juta dollar AS. Ditopang oleh tiga pilar yakni language, upskill dan business.

"Kehadiran Cakap di ajang HUB.ID x Nex-Be Fest 2023, menjadi bukti bahwa perusahaan edukasi masih memiliki potensi besar untuk berkembang, baik dari segi skala bisnis maupun valuasi." kata Tomy.

Pada ajang tersebut, Cakap melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Metranet, anak usaha Telkom Indonesia di bidang multimedia digital. Metranet dan Cakap akan bekerjasama dalam penyediaan Education Digital Content pada platform Metranet yaitu Cazbox Edu. 

Adapun target market kerjasama itu merupakan sekolah negeri maupun swasta dari berbagai tingkatan di seluruh Indonesia, yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM bangsa serta memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Faisal Yusuf, Direktur Bisnis Metranet menyambut baik kemitraan tersebut dan menyatakan dukungannya atas kolaborasi ini. “Kami yakin bahwa teknologi memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan. Sebagai perusahaan digital enabler, kolaborasi ini adalah langkah konkret kami untuk turut meningkatkan mutu pendidikan tanah air, dan kami berkomitmen sepenuhnya untuk mewujudkannya," ujarnya.

Selanjutnya: Tetap Tumbuh Meski Risiko Tinggi

Menarik Dibaca: Meski Melemah Kemarin, IHSG Jumat 22 September 2023 Berpotensi Menguat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×