Tahun ini, Riau gelar 64 event wisata

Selasa, 13 Februari 2018 | 12:33 WIB   Reporter: Jane Aprilyani

INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman meluncurkan Calender of Event (CoE) Provinsi Riau. Setidaknya, ada 64 ajang wisata yang akan digelar Pemda Riau tahun ini. 

Tiga di antaranya merupakan event yang sudah go international yaitu Bakar Tongkang, Festival Bono, dan Pacu Jalur. Tiga event ini masuk dalam 100 Event Wonderful Indonesia.

“Peluncuran event Pariwisata Riau ini merupakan wadah yang strategis.Terlebih Provinsi Riau telah memiliki tiga event internasional yang masuk dalam 100 Event Wonderful Indonesia 2018, diharapkan sebagai pemacu mendatangkan banyak wisman,” kata Menpar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (13/2).

Arief mengingatkan, peran CEO atau Gubernur, Bupati, Walikota menentukan sekitar 50% kesuksesan daerah dalam membangun sektor pariwisata.

Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, daerahnya terus berbenah diri untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian.

Provinsi Riau memiliki potensi pariwisata yang besar, namun masih terkendala oleh infrastruktur pariwisata yang belum optimal. “Kami memerlukan investasi pariwisata, khususnya untuk membangun kawasan pariwisata di seputar objek wisata Bono, Pacu Jalur, maupun Bakar Tongkang yang kita jadikan sebagai event unggulan setiap tahun,” kata Arsyadjuliandi Rachman.

Event Bakar Tongkang merupakan tradisi masyarakat Tionghoa, Kabupaten Rokan Hilir, yang akan berlangsung di Bagansiapiapi pada 29 – 30 Juni 2018.

Sementara Festival Bono (Bekudo Bono), kegiatan mengarungi gelombang (beserlancar) bono dengan menggunakan perahu (sampan) kayu berlangsung di Kecamatan Teluk Meranti yang digelar pada 24 – 25 November 2018.

Acara Pacu Jalur merupakan perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu atau jalur dari kayu dengan panjang mencapai 25-40 meter dan lebar 1,3 meter -1,5 meter yang akan berlangsung di Kabupaten Kuantan Singingi pada 22-25 Agustus 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru