kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tawaran berbisnis ayam organik


Senin, 15 April 2013 / 14:30 WIB
ILUSTRASI. Kontan - Kominfo Kilas Kementerian Online


Reporter: Marantina | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Kuliner ayam goreng tepung sudah sangat populer di Indonesia. Pemain di bisnis ini pun semakin marak, sehingga persaingan sangat ketat. Makanya, pemain baru harus  menonjolkan keunikan supaya bisa bersaing di bisnis kuliner ayam goreng tepung.

Keunikan inilah yang ditonjolkan Sofia. Ia merintis usaha kuliner Organic Fried Chicken (OFC) di Ciputat, Tangerang Selatan. Sofia yang memiliki latar belakang pendidikan Farmasi ingin menyajikan makanan yang aman dikonsumsi.
 
Usaha ini didirikan pada November 2012, dan langsung membuka peluang kemitraan. Ayam organik yang disajikan OFC adalah ayam broiler. Namun, ayam ini dibudidayakan dengan cara organik. “Ayam yang kami jual sudah dipelihara secara herbal, jadi tak pakai suntik antibiotik, dan air minumnya pun pakai cairan kunyit,” jelas Sofia.

Perempuan yang juga berprofesi sebagai Asisten Apoteker ini memasok ayam organik dari peternak di Bandung dan Sukabumi.

Menu yang disediakan OFC yakni ayam goreng tepung, kentang goreng, burger, dan nasi. Harganya berkisar Rp 6.000-Rp 10.000 per porsi. “Kami mematok harga yang terjangkau semua kalangan,” ujarnya.

Kata Sofia, meski baru berjalan lima bulan, sudah ada tiga mitra di Tangerang dan Jatiasih. Ia mengemas paket kemitraan OFC seharga Rp 12 juta. Mitra akan mendapat booth, pemanas ayam, kompor gas, nampan, neon boks, brosur, dan bahan baku awal.

Menurut perhitungan Sofia, mitra bisa meraup omzet Rp 10 juta per bulan. Dengan laba bersih 30%, mitra sudah bisa mencapai titik impas setelah enam bulan.

Mitra wajib membeli bahan baku dari pusat, berupa ayam yang sudah dibumbui dan diberi tepung. Harga nya sekitar Rp 33.000 per ekor ayam.

Sofia optimistis, ayam organik akan diminati masyarakat, mengingat kandungan gizinya yang baik bagi tubuh dan rasanya yang enak. Ia menargetkan sepanjang tahun ini akan ada tambahan 200 gerai baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×