kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Teknologi pendidikan berbasis virtual reality di era pandemi


Selasa, 02 Februari 2021 / 14:36 WIB
Teknologi pendidikan berbasis virtual reality di era pandemi
ILUSTRASI. LenteraEdu dan Millealab luncurkan program vr ambassador Indonesia


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2020 merupakan era perubahan yang besar dan mendadak karena pandemic Covid-19. Sektor pendidikan mengalami dampaknya  Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan tatap muka, kini berganti menjadi kegiatan daring. Banyak ketidaksiapan terjadi karena dalam waktu yang singkat, para pendidik harus menyesuaikan diri dengan teknologi yang tersedia sehingga menguras banyak energi mereka.

Di sisi lain, peserta didik juga mengalami kebosanan karena metode pembelajaran daring yang kurang efektif dan memakan banyak kuota internet. Mereka menginginkan metode baru yang dapat memberikan kesenangan belajar dan dapat dibalut dengan teknologi. Salah satu solusi bagi tenaga pendidik dan peserta didik adalah dengan menggunakan teknologi Virtual Reality sebagai media pembelajaran.

Kebutuhan pendidikan akan teknologi Virtual Reality ini pun diaminkan oleh laporan dari World Economic Forum yang diterbitkan pada bulan Oktober 2020. Laporan ini menyebutkan bahwa penyerapan teknologi Virtual Reality dalam dunia pendidikan mencapai 70% hingga tahun 2025.

Kebutuhan yang tinggi ini tentunya bukan tanpa dasar, Virtual Reality terbukti mampu meningkatkan pencapaian siswa dalam hal pemahaman materi, peningkatan emosi positif , hingga kemampuan berfikir kritis. Pembuktian ini telah dilakukan di banyak negara dalam bentuk penelitian ilmiah universitas maupun penelitian independen.

LenteraEdu dan Millealab

Sebagai salah satu platform pendidikan yang peduli dengan perkembangan teknologi edukasi, LenteraEdu yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation meyakini bahwa teknologi Virtual Reality dapat menjadi solusi bagi penyesuaian kegiatan belajar mengajar di era pandemi sekaligus sebagai gerbang untuk menyatukan teknologi yang bersahabat bagi tenaga dan peserta didik secara bersamaan.

Baca Juga: Dewan Keamanan PBB gelar pertemuan membahas nasib Rohingya pasca kudeta di Myanmar

Tahun ini, LenteraEdu menginisiasi program VR Ambassador untuk mencetak tenaga pendidik yang dapat menjadi pionir-pionir teknologi imersif dalam dunia pendidikan Indonesia.

Dalam program ini, LenteraEdu menggandeng Millealab yang merupakan satu-satunya produk Virtual Reality berbasis all-in-one platform cloud karya anak bangsa. Millealab, sejak tahun 2019 telah memberikan warna tersendiri dengan memberikan program pelatihan pembuatan Virtual Reality dan program kompetisi 1000 guru pionir VR serta 100 sekolah pionir VR di 34 provinsi yang didukung oleh Ikatan Guru Indonesia DKI Jakarta, SEAMOLEC, dan Pusat Data Informasi (Pusdatin) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam keterangan tertulisnya, Managing Director Millealab, Andes Rizky menjelaskan bahwa, “Kami (Millealab) sebelumnya telah melakukan ujicoba di 10 provinsi dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang direkomendasikan jaringan Ikatan Guru Indonesia.

Ujicoba yang melibatkan 1800 peserta didik dari jenjang dasar dan menengah ini memberikan hasil yang sangat positif. Dari data ujicoba yang dilakukan, penggunaan VR dapat meningkatkan emosi positif siswa hingga 90 %, meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa pada konteks pembelajaran hingga 80%, dan juga mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas hingga 53%.”

Kombinasi antara pengalaman pendidik dan fasilitator dari LenteraEdu dengan teknologi bersahabat dari Millealab tentunya akan saling melengkapi sebagai satu kekuatan yang dapat membuka gerbang pendidikan Indonesia ke langkah yang lebih hebat lagi.

Baca Juga: CitraRaya gencar kembangkan rumah dengan harga mulai dari Rp 599 juta

Hal ini pun dibuktikan dengan banyak dan meriahnya antusiasme yang didapatkan dari proses pendaftaran VR Ambassador. Hingga hari terakhir, jumlah data yang masuk sebagai pendaftar adalah 3 kali lipat dari target peserta. Dari jumlah ini, LenteraEdu dan Millealab melakukan seleksi hingga mendapatkan 100 calon ambassador terbaik.

Program VR Ambassador

Program VR Ambassador ini akan dilaksanakan sepanjang enam bulan. Program awalnya akan menargetkan untuk mencetak 100 VR ambassador yang dapat menciptakan pembelajaran inovatif dengan menggunakan teknologi VR dan melakukan ujicoba kepada peserta didik. Kemudian, para VR Ambassador ini wajib melakukan diseminasi kepada 50 tenaga pendidik di tempat mereka berada. Sehingga memperluas praktik baik dan dampak positif yang diberikan.

Juliana selaku Head of Program Putera Sampoerna Foundation menyampaikan “Guru dan teknologi adalah katalisator yang dapat mempercepat upaya perubahan, disinilah peran guru sebagai penggerak transformasi untuk menciptakan inovasi pembelajaran melalui pengembangan media belajar berbasis VR. Kolaborasi dengan Milealab merupakan upaya kerja bersama untuk mempercepat laju perubahan tersebut.”

Dalam program VR Ambassador ini terdapat guru-guru SMK yang juga terdaftar sebagai calon VR Ambassador, dengan bergabungnya guru-guru tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan dibidang vokasi yang akan berdampak pada meningkatnya jumlah pelaku  pelaku usaha kecil menengah  yang lebih kompeten.

Dukungan Kemenperin dan Kemenristek

Dengan banyaknya manfaat yang akan diberikan oleh program VR Ambassador ini, Kementrian Perindustrian melalui Direktur Jenderal IKMA, Ibu Gati Wibawaningsih memberikan dukungan kepada LenteraEdu dan Millealab untuk melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya. Dukungan dari Kementrian Perindustrian ini tentunya tak lepas dari peran VR yang juga dapat mendukung  dunia pelatihan pendidikan vokasi sehingga diharapkan VR Ambassador ini juga dapat melanjutkan relasi positif bagi dunia IKMA Indonesia yang membutuhkan inovasi berkelanjutan.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Ibu Gati Wibawaningsih mengungkapkan “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi Milealab bersama dengan Lentera Edu yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation. Mudah-mudahan program ini bisa menjadi katalisator dalam Pendidikan di era 4.0 yang akan melahirkan generasi-generasi emas.”

Baca Juga: Inilah 20 prodi saintek terketat di SNMPTN 2020, jangan salah pilih

Selain itu, dukungan juga diberikan oleh Kementrian Riset dan Teknologi melalui Bapak Danang R. Ginanjar Staff Khusus Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN pada saat peluncuran program VR Ambassador.  “Kami sangat mengapresiaasi adanya program Virtual Reality ini yang merupakan bentuk dari sebuah inovasi pendidikan yang diharapkan dapat membawa efek ganda.”

LenteraEdu dan Millealab juga turut mengajak pihak atau instansi lain yang ingin bekerjasama dalam program VR Ambassador ini dalam bentuk sponsorship atau dukungan lainnya. Selain ikut serta dalam salah satu pergerakan transformasi digital pendidikan Indonesia melalui teknologi VR, para pihak yang bekerjasama ini juga akan mendapatkan sebuah pengalaman praktik baik yang tentunya akan diingat oleh tenaga dan peserta didik, baik yang berasal dari VR Ambassador maupun yang berasal dari ribuan peserta diseminasi di seluruh Indonesia.

Selanjutnya: ​Mengenal wakaf uang, berikut penjelasan dan dasar hukumnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×