CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Tidak Perlu Modal Banyak, Ini 5 Ide Bisnis Kekinian yang Mahasiswa Bisa Coba


Senin, 03 Januari 2022 / 16:14 WIB
Tidak Perlu Modal Banyak, Ini 5 Ide Bisnis Kekinian yang Mahasiswa Bisa Coba
ILUSTRASI. Tidak Perlu Modal Banyak, Ini 5 Ide Bisnis Kekinian yang Mahasiswa Bisa Coba.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -Jakarta.  Ingin membuka bisnis tapi minim modal? Ide-ide bisnis kekinian ini bisa Anda mulai coba meskipun hanya dengan modal yang kecil. 

Banyak orang terutama mahasiswa yang ingin memulai bisnis namun terkendala modal usaha yang tidak banyak. 

Akhirnya cita-cita untuk menjadi entrepreneur tidak bisa terwujud karena kendala dana tersebut. Padahal masih banyak bisnis yang bisa Anda lakukan meskipun dana untuk modal tidak terlalu banyak. 

Berikut ini 5 ide bisnis kekinian yang pas buat mahasiswa denga modal yang minimalis, dirangkum dari situs Bina Nusantara University (Binus University).

Baca Juga: Ingin Kuliah Bidang IT? 6 Kampus Ini Punya Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Sosial media management

Hampir semua masyarakat saat ini memiliki setidaknya satu akun sosial media. Tidak heran jika berbagai aplikasi sosial media bisa menjadi ladang uang yang cukup menggiurkan namun tidak membutuhkan modal yang besar. 

Banyak perusahaan hingga pebisnis perseorangan yang memanfaatkan media sosial sebagai media pengiklanan. Karenanya kehadiran seorang ahli yang mampu mengelola sosial media sangat penting. 

Anda bisa memanfaatkan kebutuhan mereka tersebut dengan menawarkan jasa sebagai sosial media manager. 

Tugas seorang sosial media manager adalah membangun brand awareness, membuat hingga membagikan konten perusahaan, dan berinteraksi dengan masyarakat melalui media sosial. 

Salah satu keuntungan jika menjalani ide bisnis ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan bisa dilakukan dimana saja.

Fotografi

Sekarang banyak merek handphone atau HP yang menyediakan fitur kamera yang unggul bahkan hasilnya mirip dengan hasil jepretan kamera profesional. 

Anda bisa memanfaatkan fitur kamera HP dan menjualnya di microstock seperti Pixabay, ShutterStock, dan sebagainya. Setiap kali foto Anda yang terdapat di platform tersebut diunduh, Anda akan mendapatkan komisi. 

Anda juga misa menawarkan jasa fotografi kepada pelaku usaha seperti restoran atau toko pernak-pernik. Hasil foto produk yang Anda ambil nantinya akan digunakan untuk unggahan di sosial media mereka. 

Baca Juga: Jenis-jenis Potongan Daging Sapi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Video production

Selain dunia fotografi, ide bisnis dengan modal yang sedikit selanjutnya berkaitan dengan pembuatan video.

Bidang video production saat ini mulai banyak diminati. Video editor atau video maker banyak dicari untuk membuat konten video di TikTok, Instagram, hingga YouTube. 

Jika kebetulan Anda tidak memiliki peralatan untuk merekam video, Anda bisa menawarkan jasa video editing kepada perusahaan atau instansi lain.

Guru privat

Selama pandemi Covid-19, pembelajaran lebih banyak dilakukan secara online atau daring. Sayangnya tidak semua guru dan orangtua bisa memanfaatkan media online dengan baik sehingga siswa sering tidak paham dengan materi yang dipelajari. 

Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut dengan menawarkan jasa les privat. Untuk metode pembelajarannya, Anda bisa melakukannya secara langsung atau online. 

Ajak teman untuk ikut bergabung sebagai guru privat dan Anda bisa bertindak sebagai penghubung antara teman dan orangtua murid. 

Bisnis kuliner

Ide bisnis dengan modal yang sedikit selanjutnya adalah bidang kuliner. Anda tidak perlu membuka sebuah rumah makan jika ingin memulai bisnis ini. 

Pasalnya membuka rumah makan membutuhkan modal yang cukup besar. Anda bisa memulai bisnis kuliner yang khusus untuk melayani take away dan delivery. 

Anda bisa menggunakan sistem pre-order yang dikirim satu atau dua kali dalam seminggu atau membuka pesanan setiap hari. 

Manfaatkan layanan food shopping seperti Go Food, Grab Food, hingga Shopee Food untuk mengirimkan makanan kepada pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×