CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga indikator yang membuat konser musik bisa dikatakan sukses


Selasa, 30 Oktober 2018 / 21:46 WIB
Tiga indikator yang membuat konser musik bisa dikatakan sukses
ILUSTRASI. KONSER LIAM GALAGHER

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bakkar Wibowo, Co Founder dan Project Director Prambanan Jazz Festival dan Jogjarockarta, Rajawali Indonesia menyebutkan bahwa ada tiga hal yang menjadi indikator keberhasilan sebuah konser musik. "Secara bisnis, penampilan dan penonton," ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (30/10).

Bakkar bilang bahwa secara bisnis meliputi sponsor, penampilan berdasarkan perform yang ditampilkan, dan penonton dari tingkat keramaian.


Khusus penonton, ia bilang terjual sekitar 70% sudah baik. Karenanya, ia meyakini apabila ketiga indikator tersebut terpenuhi, maka sudah dipastikan promotor mendapatkan untung.

Ia bilang, untuk menjaga keramaian penonton juga tidak ditentukan dari genre musik yang ditampilkan. "Harus mix, tapi setidaknya ada genre yang dimayoritaskan. Kami dalam satu acara sekitar 60% ada genre yang mendominasi," jelasnya.

Hal tersebut lantaran menjaga penonton supaya tidak jenuh. Oleh sebab itu, secara tahunan dari berbagai acara yang diadakan mereka dapat meraup pendapatan sekitar Rp 150 miliar. Sayangnya ia tidak bisa memberikan pertumbuhannya dengan tahun lalu pada periode yang sama.

Walaupun begitu, ia mengakui sebagai promotor dari daerah ia bersyukur karena dengan acara-acara yang diadakannya di sekitar Yogyakarta mampu memberikan kontribusi pada ekonomi daerah. "Karena rata-rata 60% penonton dari luar kota, pungkasnya.

 


Tag


TERBARU

Close [X]
×