kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga sektor usaha ini berpeluang tumbuh pesat di masa pandemi


Selasa, 11 Agustus 2020 / 13:52 WIB
Tiga sektor usaha ini berpeluang tumbuh pesat di masa pandemi
ILUSTRASI. Aktivitas pekerja UKM pembuatan roti di Tangerang Selatan, Kamis (9/4). Untuk bertahan di tengah kenaikan harga-harga bahan baku utama pembuatan roti seperti gula dan terigu,?produsen roti ini menurunkan 25% produksinya. KONTAN/Baihaki


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona yang berlangsung lebih dari tiga bulan telah membuat perekonomian nasional tumbuh negatif. Apalagi dampak tersebut langsung menyerang sektor UMKM, yang didominasi masyarakat kelas menengah ke bawah kehilangan pendapatan.

Untuk itu, berbagai program-program dari pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional juga tersedia bagi para pelaku UMKM.

Zakir Machmud, Kepala UKM Center FEB UI menjelaskan, meski di tengah pandemi Covid-19 yang tak pasti ini, masih ada beberapa sektor UMKM yang dapat diandalkan.

“Sektor UMKM yang masih menjadi peluang itu masih ada saat ini dan masih bisa berkembang,” ujr Zakir saat konferensi daring, Selasa (11/8).

Menurutnya ada tiga sektor yang bisa dimanfaatkan di tengah pandemi Covid-19 meliputi sektor makanan, sektor transportasi dan sektor logistik.

“Sektor makanan pasti masih dibutuhkan makanya banyak juga binaan kami yang switch atau expand ke makanan. Itu satu sektor yang bisa berkembang ke depannya,” tambah Zakir.

Adapun untuk sektor transportasi dan logistik ini juga berkesinambungan dengan produk makanan. Sebab, makanan merupakan produk yang fresh dan tidak dapat dijangkau dengan waktu yang lama. Sehingga untuk mempercepat waktunya perlu logistik dan transportasi.

“Makanan itu tidak bisa  melalui digital. Sehingga sektor transpor dan logistik memang bisa berkembang juga atau ada peluang ke depannya,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×