kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   -903,33   -100.00%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turut berpesta bersama kemitraan piza


Jumat, 24 Februari 2012 / 14:28 WIB
Turut berpesta bersama kemitraan piza
ILUSTRASI. PT Acset Indonusa Tbk lakukan seremoni topping-off


Reporter: Eka Saputra, Noverius Laoli | Editor: Tri Adi

Meski bukan penganan asli Indonesia, piza sudah tak asing di lidah masyarakat. Tak heran, penjual piza baru terus bermunculan. Mulai dari yang membuka gerai dengan merek sendiri, hingga membeli dari merek waralaba atau kemitraan tertentu.

Nah, salah penjaja makanan dari Italia ini adalah Bhakti Desta Alamsyah, pemilik Pesta Pizza dari Bandung, Jawa Barat. Ia meramaikan pasar piza sejak tahun 2009, dan di tahun 2011 mulai menawarkan kemitraan.

Saat ini, Pesta Pizza sudah memiliki dua mitra di Bandung. Bhakti optimistis, jumlah mitranya masih akan bertambah. "Tahun ini kami menargetkan ada tambahan 12 mitra," kata Bhakti.

Mengusung konsep resto, Pesta Pizza menawarkan juga beberapa menu lain di luar menu utama piza. Di antaranya french fries, sandwich, nasi goreng, dan aneka mi.

Sajian pizanya disediakan dalam banyak variasi pilihan. Mulai dari chicken, beef, sausages pizza, vegetables pizza, cheesy pizza, hingga hot crispy pizza. Aneka piza ini dibanderol Rp 10.000-Rp 20.000 per porsi.

Pesta Pizza menawarkan lima paket kemitraan. Di antaranya Paket Foodcourt senilai Rp 55 juta, Paket Kios Rp 65 juta, Paket Ruko Rp 105 juta, Paket Mini Kafe Rp 165 juta, dan Paket Resto Rp 225 juta.

Dari tiap paket itu, mitra akan mendapat sejumlah peralatan, seperti meja kasir, lampu gantung, wastafel, peralatan makanan dan minum, kompor, meja kerja, meja saus, peralatan masak, dan bahan baku.

Mitra juga akan mendapat bahan baku untuk operasional awal, training teknis memasak, pelayanan, penjualan, promosi, administrasi, dan pembukuan. Serta ada pula pendampingan selama satu bulan pertama. "Jadi yang membedakan tiap paket hanya jumlah item peralatan yang didapat," kata Bhakti

Selain itu, menurut Bhakti, kriteria luas gerai tiap-tiap paket juga berbeda. Untuk Paket Foodcourt luas gerainya 16 meter persegi (m²), Paket Kios 24 m², Paket Ruko 40 m², Paket Mini Kafe 80 m², dan Paket Resto 120 m².

Estimasi perolehan omzet juga berbeda tiap paket. Menurut Bhakti, omzet tiap paket berkisar Rp 1 juta sampai Rp 4 juta per hari. Adapun laba bersih sebesar 35% dari omzet. "Tapi itu bisa lebih dan bisa kurang, tergantung lokasi," tandasnya. Dengan omzet sebesar itu, mitra bisa balik modal dalam waktu setahun.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar, mengatakan, bisnis piza masih memiliki pasar yang besar di Indonesia. Namun, persaingan di pasar piza juga sudah semakin ketat.

Agar bisa eksis, setiap pemain baru harus memiliki keunikan dari pemain lainnya. "Keunikan itu harus sulit dicontoh orang lain," ujarnya.

Tak terkecuali Pesta Pizza. Selain itu, Pesta Pizza harus memberikan jaminan keberhasilan ke calon mitranya. Untuk itu, Pesta Pizza harus menunjukkan contoh sistem operasional dan produksi yang sudah berhasil. Kalau itu sudah ada, Pesta Pizza juga harus mempunyai model cabang yang sudah sukses menjalankan bisnis.

Pesta Pizza
PT Bandung Era Sentra Talenta,
Graha DFI 2nd Floor, Grand Surapati Core
Jl. PHH Mustofa No. 39,
Bandung 40192
HP: 087824588881

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×