kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Untung mengepul dari jagung pipilan rebus


Senin, 10 Februari 2014 / 16:00 WIB
Untung mengepul dari jagung pipilan rebus
ILUSTRASI. BRI Salurkan KUR Senilai Rp 164,25 Triliun kepada 4,3 juta Debitur hingga Agustus 2022. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

Jagung bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan maupun camilan. Salah satu produk olahan jagung yang enak di lidah adalah jagung pipilan rebus yang dimasukkan dalam gelas (cup corn). Ini dijadikan peluang bisnis oleh Mariamus di Jakarta Timur.

Mariamus mendirikan usaha dengan menu utama jagung pipilan rebus dan menu tambahan teh buah yang diberi nama Fantastic Sweet Corn & Fruit Tea pada 2009. Setahun setelahnya, ia mulai menawarkan kemitraan. Hingga kini ia telah memiliki mitra hingga mencapai 427 mitra.

Mariamus menawarkan paket kemitraan murah meriah yaitu paket Rp 4 juta dan paket Rp 6 juta. Dengan kedua paket tersebut, mitra akan memperoleh booth, peralatan, bahan baku  jagung manis  dan bahan pendukung lainnya. Bedanya, paket pertama hanya bisa menjual satu menu antara teh buah atau jagung manis saja. Sedangkan paket kedua bisa menjual keduanya dalam satu gerobak.

Berdasarkan pengalaman mitra, Mariamus mengklaim bahwa mitra sudah bisa balik modal dalam waktu sekitar dua bulan. Dengan menjual 40 cup jagung manis dalam sehari seharga Rp 6.000 per cup, mitra sudah bisa mengantongi omzet sebesar Rp 6 juta sebulan. Dari omzet sebesar itu, mitra bisa  memperoleh laba bersih sekitar 40%.

Mariamus tidak memungut royalty fee atau pungutan lainnya, tapi mitra wajib membeli bahan baku jagung manis darinya dengan harga Rp 16.000 per kg. Selain itu bahan baku teh dengan harga Rp 120.000 per kg dan bubuk rasa buah Rp 15.000 per gram. Selain itu mitra juga harus membeli cup untuk jagung dan teh dari pusat.

Mariamus mengatakan, peluang usaha ini masih cukup prospektif karena dengan modal kecil bisa mendapatkan untung yang lumayan cepat. Di gerai ini dia menjual sembilan rasa teh buah. Varian rasa ini sengaja dibuat untuk meningkatkan penjualan.

Mariamus bilang, kualitas bahan baku jagung manis yang ia tawarkan tidak mengecewakan. Tahun ini, Mariamus berharap bisa  menambah mitra di berbagai daerah. "Saya optimistis prospek usaha jagung pipilan rebus ini masih cukup baik. Dalam  sehari, ada satu sampai dua permintaan yang datang menjadi mitra," ujar Mariamus. Anda mau mencoba?            

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×