kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,01   8,65   0.92%
  • EMAS924.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Upaya usaha catering sehat bertahan saat pandemi Covid-19


Jumat, 19 Februari 2021 / 19:22 WIB
Upaya usaha catering sehat bertahan saat pandemi Covid-19
Katering makanan sehat Fit Bite.

Reporter: Lidya Yuniartha, Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gaya hidup sehat menjadi satu perhatian masyarakat, mulai dari olahraga hingga makanan sehat. Adanya kesadaran masyarakat untuk memulai hidup sehat menjadi peluang usaha catering makanan sehat.

Catering makanan sehat jadi solusi bagi mereka yang ingin menjaga pola makan tanpa harus repot menyiapkannya. Sejak pandemi Covid-19 melanda tren hidup sehat terlihat meningkat di masyarakat. Namun apakah tren hidup sehat saat pandemi juga mendorong usaha catering makanan sehat juga?

Salah satu pengusaha yang menekuni catering makanan sehat yaitu Damian Pius Susanto pemilik Fit Bite asal Semarang, Jawa Tengah. Hobi berolaharaga dan fokus pada kesehatan menjadi dasar Pius sapaan akrabnya meluncurkan brand Fit Bite pada tiga tahun lalu.

"Catering makanan sehat ini sebenernya bukan hanya bagi yang mau diet. Tapi buat yang ingin jaga kesehatan lewat pola makan juga, misal seseorang ingin jaga gula darah atau tekanan darah," kata Pius kepada KONTAN.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 tahap 2, Dinkes DKI minta perkantoran siapkan tempat penyuntikan

Selain catering harian makanan sehat harian, Fit Bite juga menyediakan frozen food untuk menu daging sapi, ayam dan ikan. Serta snack atau camilan seperti roti sehat dan juga minuman sehat tersedia. "Menu kami semua disesuaikan dengan anjuran dari nutrisionis dan juga dokter. Jadi semua produk Fit Bite emang sudah sesuai anjuran ahlinya," terang Pius.

Untuk catering sehat saat ini Fit Bite baru melayani pelanggan di wilayah Semarang. Namun produk frozen food Fit Bite sudah menjangkau Jakarta dan Bandung. "Kita bisa dijangkau lewat marketplace dan juga Grabfood Go-food juga untuk Frozen dan produk snack dan roti kita," kata Pius.

Adanya pandemi diakui Pius sempat menurunkan permintaan catering makanan sehat di Fit Bite. Awal pandemi datang Fit Bite mengalami penurunan penjualan hingga 50%. Namun enam bulan terakhir Pius sudah merasakan ritme penjualan Fit Bite mulai meningkat.

"Tren enam bulan ini naik, sekarang sudah 80-90% penjualan dibandingkan sebelum pandemi ya. Sebelum pandemi kita bisa layani sebulan itu 50-60 paket catering sehat," ungkap Pius.

Sebelum pandemi rata-rata Fit Bite mampu memasak 60-70 pack makanan sehat. Harga paket catering makanan sehat ada kisaran misalnya untuk paket fat loss ialah full pack harian dibandrol Rp 140.000 perhari, full pack mingguan Rp 130.000 perhari, full pack bulanan Rp 120.000 perhari. Adapun paket full pack terdiri dari makan siang, makan malam, dua snack dan satu buah.

Untuk produk snack atau camilan Fit Bite dibandrol mulai dari Rp 20.000-Rp 65.000. Kemudian produk frozen food Fit Bite dibandrol Rp 80.000 - Rp 300.000. "Kami sebenernya ngga ada minimal beli, satu kotak pun boleh hanya saja jika beli paket misal seminggu tentu ada harga lebih murah," jelasnya.




TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9

[X]
×