Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.205
  • SUN90,77 -0,26%
  • EMAS623.158 -0,48%

Usaha kuliner, gaya hidup dan pendidikan paling diincar pemodal

Minggu, 29 Juli 2018 / 12:05 WIB

Usaha kuliner, gaya hidup dan pendidikan paling diincar pemodal



KONTAN.CO.ID - Bisnis dengan konsep konsep franchise (waralaba) maupun kemitraan kian digemari oleh pasar lokal. Iming-iming gurihnya cuan serta waktu balik modal yang cepat menjadi bidang bisnis ini seksi dimata pemilik modal. Apalagi, masyarakat kian bergairah untuk punya usaha sendiri.

Hingga saat ini, bisnis bisnis kuliner masih menjadi yang paling populer. Banyak pengusaha menawarkan atau membeli kemitraan usaha kuliner. Merek-merek usaha ataupun jenis makanan baru pun kian berseliweran terdengar.  

Hal ini diamini oleh Djoko Kurniawan. Konsultan usaha ini juga menambahkan, selain kuliner, sektor usaha lifestyle dan pendidikan juga masih populer. Sebab, muncul gengsi dan kebutuhan.

Yang paling terasa adalah usaha laundry dan barbershop (sektor lifestyle) yang terus tumbuh baik di kota-kota besar dan penyangga. "Pendapatan per kapita masyarakat yang meningkat ikut mengerek gengsi mereka yang tadinya gunting rambut di bawah pohon pindah ke barbershop," jelas Djoko.

Sedangkan, untuk sektor edukasi didominasi oleh bimbingan pengembangan bakat dan minat anak. Menjamurnya usaha ini seiring dengan makin sadarnya orang tua untuk meningkatkan bakat anak di luar mata pelajaran sekolah.

Namun, bisnis kuliner yang masih menjadi primadona menjadi sektor yang paling asik. Pasalnya, para pemain raksasa mulai ikut mencicipi manisnya cuan di ladang  usaha makanan dalam negeri.

Seperti PT Cita Rasa Prima Indonesia Berjaya (CRP) Group yang kian menegaskan langkahnya dibisnis makanan dengan terus mengeluarkan brand-brand baru, contohnya Fish Wos Chesse dan Mee Box. Begitu juga dengan Es Teller 77. Tak ingin ketinggalan, mereka terus aktif menambah jumlah gerai.

Irman Febrianto, Project Manager Es Teller 77 mengakui bila sektor kuliner merupakan bisnis yang tidak mati dari zaman ke zaman serta mempunyai potensi pasar yang besar.

Namun, sebagai merek yang sudah eksis selama 36 tahun tantangan mereka adalah memastikan menu makanannya tetap disukai oleh konsumen semua umur.

Sekitar tiga bulan yang lalu, mereka melakukan rebranding merek bertujuan untuk memperluas ke segmen anak muda. Langkah ini ditandai dengan perubahan desain gerai yang lebih kekinian dan muda serta penambahan menu Es Teller Duren dan aneka nasi ayam yang banyak disukai kaum milenial.

Sebagai pendukungnya, mereka menjalin kerjasama dengan para influencer untuk mempromosikan menu dan konsep gerai baru mereka. Hasilnya, kini gerai mereka sudah mulai banyak dilirik oleh anak muda.
Maklum saja, sebelumnya merek Es Teler 77 memang dikenal sebagai brand kuliner jaman dulu (jadul) dengan konsep keluarga.    


TREN BISNIS

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0522 || diagnostic_web = 0.4978

Close [X]
×