kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yoyok sukses membikin gerai spesial sambal (1)


Rabu, 19 Agustus 2015 / 10:20 WIB
Yoyok sukses membikin gerai spesial sambal (1)


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Tri Adi

Minimnya makanan pedas di Yogyakarta membuat Yoyok Heri Wahyono memiliki ide membuka warung makan dengan cocolan sambal bernama Waroeng Spesial Sambal (SS). Kini gerainya berbiak hingga 74 di berbagai daerah.   

Kegemaran Yoyok Heri Wahyono akan sambal mengantarkan pria ini menjadi pengusaha kuliner yang fokus menjajakan menu aneka sambal sebagai daya tarik produknya. Lewat bendera usaha Waroeng Spesial Sambal (SS), Yoyok menciptakan inovasi aneka menu sambal yang bisa dipilih para penggemar sambal.

Ide usaha mendirikan usaha ini juga didorong oleh minimnya makanan yang memiliki sambal pedas sesuai keinginannya yang bisa didapatkan di Yogyakarta. Di kota ini umumnya memang makanan yang populer memiliki rasa manis. Bahu membahu bersama teman-temannya, Yoyok mendirikan gerai WSS sederhana di sekitar kampus UGM Yogyakarta pada tahun 2002.   

Secara berkala Yoyok menghasilkan innovasi-innovasi menu sambal terbaru. Dari awalnya hanya menawarkan sekitar 12 macam sambal, kini menu sambal di restorannya sudah berkembang hingga 32 macam.

Yoyok membalut sambalnya dengan nama yang unik agar lebih menarik. Contohnya, sambal sport yang merupakan sambal terasi segar, serta sambal smack down yang terbuat dari belut.

Sambal bisa dipilih sebagai pendamping lauk pauk dan nasi dengan tingkat kepedasan di atas rata-rata. Menu pendamping seperti ayam goreng, babat goreng, jamur tepung, telur dadar, paru goreng, iso goreng, tahu, tempe, daging goreng, aneka tumis sayur, pecel sayur, dan masih banyak lagi. Ternyata, sajian sambal Yoyok berhasil memikat banyak lidah.

Dari hanya memiliki dua sampai tiga pegawai, saat ini karyawannya sudah hampir mencapai 2.000 orang. Dengan menjalankan sistem kemitraan usaha untuk membiakkan gerainya sejak tahun 2005 silam, kini sudah ada total 74 cabang WSS yang sudah beroperasi. Gerainya tersebar di 34 kota di Pulau Jawa seperti Solo, Malang, Kediri, dan di Bali.

Bermula dari hanya gerai di kaki lima, gerai WSS sudah mengunakan bangunan permanen seiring perkembangan usaha yang positif. Desain dalam ruangan gerainya ditata dengan gaya unik yang dipenuhi tulisan-tulisan nyeleneh. Yoyok memiliki dapur terpadu di Yogya untuk memasok makanan setengah matang ke gerai-gerainya di Yogya.

Harga menu sambal dibanderol mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 6.000 dan untuk menu lauk-pauk berkisar Rp 15.000 per porsi. Tiap gerai bisa mencetak omzet jutaan rupiah per hari. Bisa dibayangkan omzet keseluruhan gerai yang telah beroperasi mencapai ratusan juta rupiah saban bulan.

Awalnnya dia menyasar segmentasi pelanggan kalangan mahasiswa dengan menjajakan harga jual murah dan membuka usaha di daerah kampus. Namun, seiring berkembangnya waktu segmentasi pasarnya bergeser menjadi kalangan masyarakat yang sudah berkeluarga.

Memiliki menu makanan yang enak, pelayanan yang ramah serta lokasi yang strategis menjadi fokus Yoyok yang identik dengan sebutan Mr. Huuh Haah ini dalam mengembangkan gerai WSS. Itu sebabnya, Yoyok sangat menjaga kualitas bahan baku tiap menu yang dijajakan di setiap gerainya.   

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×