Reporter: Primasyah Kristanto | Editor: Rizki Caturini
Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia mendongkrak bisnis agen perjalanan dan wisata. Maklum saja, tingkat stres yang tinggi akibat pekerjaan membuat orang membutuhkan waktu khusus untuk melepaskan kepenatan. Salah satu cara adalah dengan liburan ke tempat wisata.
Salah satu agen perjalanan yang ikut mencecap bisnis ini adalah Rodex Tour and Travel. Usaha ini sudah berdiri sejak 2009. Untuk mengembangkan usahanya, mereka membuka tawaran kemitraan usaha sejak 2010.
Menurut Rizkan Rahmadi, Head of Department Network Development Rodex Tour and Travel, saat ini, Rodex memiliki total sebanyak 34 gerai. Tiga di antaranya adalah milik pusat dan selebihnya milik mitra. Lokasi usaha mitra sudah tersebar mulai di kota-kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Medan, Malang, Kediri, bahkan sampai ke Pulau Sumba.
Jika tertarik ikut menjalani bisnis ini, ada tiga paket investasi yang ditawarkan. Pertama adalah paket citra 3 seharga Rp 60 juta dengan masa kerjasama selama lima tahun. Kedua, paket citra 2 seharga Rp 80 juta dengan masa kerjasama selama 10 tahun dan ketiga, paket citra 1 sebesar Rp 100 juta dengan masa kerjasama selama 15 tahun.
Mitra akan mendapatkan fasilitas dasar penunjang kantor, pelatihan karyawan, instalasi interior, desain, dan bantuan memulai bisnis setelah pembukaan gerai. Manajemen pusat juga akan memberikan dukungan lanjutan berupa pemeliharaan secara berkala dan program kunjungan ke
lokasi mitra.
Harus terus dipantau
Layanan yang ditawarkan Rodex berupa paket wisata domestik, paket wisata mancanegara, dan hospitality tour. Rizkan bilang, tujuan favorit konsumen Rodex adalah wisata ke Pulau Bali dan Thailand.
Rizkan menghitung, dalam sehari mitra ditargetkan untuk mendapatkan omzet minimal sebesar Rp 10 juta atau sekitar Rp 350 juta per bulan. Persediaan tiket semua dipasok dari pusat. "Estimasi laba bersih bisa sampai Rp 15 juta per bulan untuk mitra," ujar dia.
Mitra perlu menyiapkan ruangan minimal 4 meter (m) x 5 m dengan mempekerjakan dua karyawan. Mitra juga wajib membayar biaya royalti antara 6%−12% dari laba kotor per bulan.
Rizkan bilang, kelebihan Rodex Tour and Travel adalah memiliki beberapa fitur menarik, seperti secara berkala mengadakan program undian berhadiah dan sistem quick refund sehingga konsumen bisa refund tiket dalam waktu 1 x 24 jam. Rodex menargetkan bisa memiliki hingga 50 mitra hingga akhir tahun ini.
Pietra Sarosa, pengamat waralaba mengatakan, di bisnis ini, mitra yang ingin bergabung harus memiliki minat dan pengetahuan seputar bisnis agen perjalanan terlebih dahulu. Bisnis ini harus sering dipantau dari sisi pelayanan dan kualitasnya. "Mitra tidak bisa mengandalkan modal uang saja," tegasnya.
Rodex Tour & Travel
Jl Raya Darmo No 177B, Surabaya, Jawa Timur
HP: 08573339977
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News