kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yummy Corp raih pendanaan dari Dana Ventura Sembrani Nusantara BRI Ventures


Selasa, 03 Agustus 2021 / 13:34 WIB
Yummy Corp raih pendanaan dari Dana Ventura Sembrani Nusantara BRI Ventures
ILUSTRASI. Aktivitas?Yummykitchen dari Yummy Corp.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis makanan online semakin menjanjikan, seiring dengan tren pertumbuhan selama masa pandemi covid-19 dan pembatasan mobilitas seperti kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Opsi pesan-antar dirasa menjadi pilihan utama yang membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan harian.

Yummykitchen, unit bisnis cloud kitchen dari Yummy Corp yang berdiri sejak 2019, turut berkembang pesat bersama para pelaku bisnis makanan dan minuman, untuk membantu mereka ekspansi di kala pandemi. Cloud kitchen juga menjadi solusi favorit di kala peraturan buka-tutup mall dan pelarangan makan di tempat masih diberlakukan secara ketat oleh Pemerintah.

Di tengah kondisi itu, Yummy Corp, perusahaan FoodTech cloud-kitchen dan katering online menarik perhatian BRI Ventures untuk meluncurkan pendanaan lanjutan series B. Pendanaan ini diterima Yummy Corp dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun sejak pendanaan series B yang dipimpin oleh Softbank Ventures Asia sebesar US$ 12 Juta pada Oktober 2020 lalu.

CEO Yummy Corp Mario Suntanu menjelaskan, selama pandemi terjadi jumlah transaksi Yummykitchen tumbuh secara signifikan hingga 7 kali lipat dibandingkan Maret 2020. "Pertumbuhan ini memvalidasi keyakinan kami akan potensi besar online food delivery yang tampaknya booming lebih awal karena adanya pandemi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (2/8).

Baca Juga: Modal ventura masih bergairah biayai startup

Yummykitchen saat ini telah mengoperasikan lebih dari 70 dapur bersama yang tersebar di Jadetabek, Medan dan Bandung dan bekerjasama dengan lebih dari 50 brand makanan dan minuman seperti Dailybox, Ponut Donat Kentang, Gaaram, Kyochon, Sei Sapi Lamalera, Wanfan, North Pole Gelato dan masih banyak lagi.

Beragam jenis makanan dihadirkan Yummykitchen guna untuk memberikan pilihan yang beragam untuk para konsumen menikmati pengalaman membeli brand makanan favorit mereka di satu tempat.

Mario menyampaikan, pendanaan lanjutan yang didapat ini akan digunakan untuk melanjutkan ekspansi Yummykitchen dengan membuka lebih dari 50 lokasi baru hingga akhir tahun 2021. "Harapan kami ekspansi yang dilakukan tidak hanya membantu para pelaku usaha namun juga mampu membuka banyak lapangan kerja baru dan membantu perputaran ekonomi nasional." lanjut Mario.

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mendorong pertumbuhan platform bagi UMKM melalui pendanaan kepada sektor new retail. Yummy Corp telah membantu UMKM agar dapat bertahan di krisis pandemi dan bisa terus memperluas peluang usahanya.

Nicko bilang, BRI Ventures melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara berkomitmen untuk terus mengakselerasi UMKM di Indonesia melalui ekosistem startup teknologi. "Selain itu, sektor new retail juga merupakan salah satu industri yang mendapatkan pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini dan kami melihat bahwa sektor ini akan semakin bertumbuh ke depannya,” ujar Nicko.

Sejak diluncurkannya Dana Ventura Sembrani Nusantara pada awal tahun 2021, BRI Ventures telah melakukan investasi ke 5 perusahaan yaitu Sayurbox, Haus!, Brodo, Andalin dan Yummy Corp.

Sebagai informasi, selain mengembangkan Yummykitchen secara agresif, tahun ini Yummy Corp juga melakukan berbagai inovasi dengan membangun unit bisnis manajemen foodcourt yang terintegrasi dengan penjualan secara online.

Selain itu Yummy Corp baru-baru ini meluncurkan Yummyshop, aplikasi yang bertujuan membantu UMKM yang berjualan makanan secara online untuk dapat membuat pesanan serta link pembayaran yang mudah.

Dengan aplikasi ini, para pelaku usaha UMKM juga dapat mengelola data penjualan dengan mudah serta menghemat waktu dalam mengurus pembayaran dan pengiriman.

Selanjutnya: Yummykitchen catatkan kenaikan transaksi hingga 85% di semester I-2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×