kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar peluang kemitraan Pesona Coffee yang tetap mempesona


Sabtu, 07 September 2019 / 11:10 WIB


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis kedai kopi hingga kini masih menebar aroma. Aneka tawaran kemitraan kedai kopi masih saja bermunculan.

Meski persaingan makin padat, tetap banyak pemain baru. Toh harumnya aroma bisnis kedai kopi memikat banyak orang. Ada yang menawarkan kedai kopi, hingga jualan kopi minimalis ala kaki lima.

Tawaran kemitraan kali ini datang dari Pesona Coffee asal Jakarta. Usaha ini berdiri awal 2019, dengan mengusung konsep coffee to go dan langsung menawarkan kemitraan.

Baca Juga: Ada lagi pesaing baru di bisnis kedai kopi yakni Kopi Molo

Hasilnya cukup positif. Hingga kini Pesona Coffee sudah punya 70 gerai yang tersebar di sejumlah daerah seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Sidoarjo, Pekanbaru, Dumai, Palembang, Jambi, serta Palangkaraya.

Junanto, Staf Pemasaran Pesona Coffee menyebut saat ini jumlah calon mitra dari gerai kedai kopi ini terus bertambah. "Ada beberapa gerai yang masih waiting list untuk dibuka sekitar September ini sampai Oktober," katanya kepada KONTAN.

Melihat hasil tersebut, manajemen Pesona Coffee optimistis jumlah mitra akan terus bertambah. Sampai akhir tahun ini mereka menargetkan bisa mengelola hingga 100 gerai kedai kopi.

Pesona Coffee menawarkan kemitraan dengan nilai investasi yang cukup terjangkau yakni hanya sebesar Rp 17 juta. Dengan modal tersebut mitra sudah mendapatkan satu unit booth neon, coffee press, roll banner, cup sealer, kemasan,  peralatan usaha, pelatihan karyawan, dan bahan baku awal sebanyak 300 cup.

Baca Juga: Waralaba jadi cara ampuh ekspansi kedai kopi (bagian 2)

"Saat ini kami sedang promo untuk paket investasi. Dari Rp 17 juga menjadi Rp 11,9 juta. Promo ini terbatas," kata Junanto.

Tugas mitra hanya menyediakan tempat usaha dengan ukuran cukup 5 m² saja. Areal ini untuk menampung gerai berukuran 1,2 meter x 2,2 meter. "Kami konsepnya minimalis, jadi mitra juga bisa menyiapkan tempat usaha yang minimalis juga, asal cukup untuk booth dan pegawai," ujarnya.

Pesona Coffee menawarkan produk aneka minuman berbahan dasar kopi seperti kopi susu, barley coffee, kopi lemon, kopi pandan, dan soy coffee yang dibanderol mulai Rp 15.000 - Rp 20.000 per cup. Ada pula menu non-kopi seperti cokelat, red velvet, matcha, dan taro dengan harga Rp 12.000 - Rp 15.000 per cup.

Dengan ragam menu yang ada, rata-rata penjualan gerai Pesona Coffee per hari berkisar 80 cup sampai 100 cup. "Ada juga mitra yang penjualannya lebih, seperti di Bogor bisa sampai 300 cup per hari," klaimnya.

Tidak ada biaya royalti bulanan. Mitra hanya wajib memasok bahan baku kopi, bubuk minuman, dan kemasan dari pusat. Praktis saban bulannya mitra dapat mengantongi omzet di kisaran Rp 30 juta - Rp 40 juta. Dengan hasil tersebut, mitra bisa balik modal satu bulan saja. Kalau molor, bisa sampai empat bulan.                                    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×