kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengupas tren waralaba dan kemitraan usaha di tahun 2020 ini (1)


Sabtu, 18 Januari 2020 / 12:30 WIB
Mengupas tren waralaba dan kemitraan usaha di tahun 2020 ini (1)


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tawaran kemitraan dari usaha kuliner alias food and beverage (F&B) banyak bermunculan sepanjang 2019. Bentuk usahanya mulai dari kedai kopi, minuman kekinian boba, cheese tea, hingga thai tea.

Begitu pula dari sektor makanan. Tawaran usaha dari makanan inovasi masih terus eksis. Ada ragam camilan tahu, kentang, sosis, ubi dan lainnya. Semuanya dengan tampilan kekinian untuk bisa menjaring pasar kalangan milenial.
 
Tampaknya, kondisi tahun kemarin bakal terjadi lagi sepanjang 2020 ini. "Sampai saat ini, food and beverage masih mendominasi dan ini terlihat dari kemitraan yang bermunculan di sektor tersebut, baik yang baru ataupun yang mengeluarkan produk baru," tutur Levita Supit, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) kepada KONTAN, Selasa (14/1). 
 
Bisnis kuliner, menurut konsultan bisnis dan waralaba dari DK Consulting, Djoko Kurniawan hingga saat ini masih menjanjikan laba. Jumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi pasar empuk di bidang bisnis ini. "Kuliner akan tetap menjadi primadona pada 2020 ini," katanya kepada KONTAN.
 
Ada beberapa faktor penyebab yang membuat bisnis makanan dan minuman tetap dominan hingga kini. Dari kacamata Erwin Halim, konsultan waralaba dari Proverb Consulting, kemitraan usaha bidang makanan atau minuman memang punya nilai plus ketimbang bidang usaha lainnya. 
 
Misalnya punya pay back periode (PBP) yang lebih cepat dari bidang lainnya, kemudian balik modalnya juga bisa cepat dan return on investment (ROI) juga lebih terukur dari yang lainnya.
 
Namun Erwin mewanti-wanti yang namanya bidang bisnis apapun pasti punya titik lemah, termasuk juga bisnis kuliner. Biasanya bisnis kuliner ini membutuhkan gerai penjualan atau kedai dan tempat makan.
 
Jika si pemilik ingin pindah lokasi, maka butuh biaya yang tidak sedikit untuk biaya pindah tersebut. Dan tak jarang saat berpindah lokasi langsung berpengaruh ke omzet penjualan, dalam arti kata tidak selaku di tempat sebelumnya.
 
Kelemahan lainnya yang harus diketahui pebisnis adalah bahan baku makanan atau minuman biasanya tidak tahan lama. Berarti ada risiko bahan baku yang tidak terpakai yang bisa menimbulkan kerugian. 
 
Menurut Djoko, sejauh ini para pebisnis kemitraan di bidang makanan dan minuman sudah mengetahui dengan bijak kelebihan dan kekurangan dari bisnis tersebut. Dengan pengalaman saat berbisnis membuat para pengusaha waralaba sudah bisa memecahkan persoalan tersebut. Misalnya dengan menempatkan bahan baku makanan dan minuman di tempat pendingin supaya tahan lama.
 
Lantas jenis kuliner apa saja yang masih menjanjikan sepanjang tahun ini? Levita menyebut ada bisnis kuliner olahan ayam dan mi masih bisa tumbuh tahun ini. Kemudian bisnis kemitraan kedai kopi masih tetap mendominasi tahun ini. 
 
Selain kopi, menurut Erwin ada lagi bisnis minuman kekinian lainnya yang masih mendapat perhatian, yakni minuman boba asal Taiwan yang masih hits di tahun ini.  "Kemitraan minuman seperti kedai kopi dan boba masih banyak," katanya.    
 
 (Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×