kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang luas berjualan internet ke para pelancong


Sabtu, 31 Agustus 2019 / 11:00 WIB
Peluang luas berjualan internet ke para pelancong


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain tiket pesawat, hotel dan destinasi wisata, kebutuhan pelancong saat ini yang tidak kalah vital adalah soal kuota data. Saat berada di luar negeri, para pelancong bisa pamer dan berswafoto di media sosial berkat bantuan data internet. Inilah yang membuat bisnis sewa modem bagi para traveler, terutama yang bepergian ke luar negeri kian marak.

Salah satu pemain adalah Iziroam. Berdiri sejak 2017, start up ini mulai menawarkan layanan pada Maret 2018.   Modem Iziroam pun bisa dipakai di 136 negara dengan total kapasitas mencapai 5.000 unit modem.

Baca Juga: Khusus 20 Mbps, ini harga paket internet PLN VS Indihome, First Media, dan MNC Play

Jacqueline Sutjiawan, Chief Executive Officer Iziroam menjelaskan, supaya layanan modem ini bisa menjangkau target pasar, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak. Misalnya dengan Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Soekarno Hatta, serta dengan Grup Alfamart yang membawahi Alfamart, Alfamidi hingga Alfaexpress. Nanti, pengguna bisa menyewa modem di lokasi tersebut.

"Bentuknya dompet yang berisi modem, kabel, adaptor dan kartu pengembalian modem ke Alfamart, Alfamidi dan Alfaexpress di sekitar Jabodetabek," katanya kepada KONTAN.

Ia membanderol harga sewa paling murah Rp 50.000 per hari dengan ragam pilihan kuota. Mulai dari 500 MB  per hari sampai 4 GB per hari. Hasilnya pun terbilang lumayan. Saat periode low season, Jacqueline bisa menyewakan 2.000 unit modem per bulan. Lain cerita saat high season, permintaan sewa modem Iziroam bisa mencapai 5.000 unit per bulannya.

Baca Juga: Ada pelancong, start up sewa wifi pun menangguk untung

Dengan hasil tersebut, Jacqueline optimistis jumlah penyewa modem Iziroam bisa mencapai 50.000 unit pesanan sampai akhir tahun ini. Tanpa merinci jumlah pesanan yang sudah didapat, ia bakal bermitra dengan biro wisata di luar kota sambil terus memperkuat pemasaran secara langsung maupun via media sosial.

Pemain lainnya juga merasakan hal serupa. Seperti Pinjamwifi yang sudah beroperasi sejak 2017. Menurut Angelina Amanda, Chief Executive Officer PinjamWifi, layanan sewa modem ini bisa dipakai di 140 negara. Modem ini juga sanggup melayani antara lima sampai 10 pengguna. Kelebihan lainnya adalah adanya sim card global yang bisa dibeli di PinjamWifi dan bisa dipakai di 90 negara. "Produk kami lebih ekonomis," katanya kepada KONTAN.

Sama seperti Iziroam, PinjamWifi juga bisa didapatkan di titik poin PinjamWifi di Bandara Soekarno Hatta serta outlet Grup Alfamart yang ada di bandara tersebut. Pengembalian modem juga bisa dilakukan di tempat serupa.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah menjalin kerjasama dengan 50 biro wisata serta dengan beberapa marketplace. Sayang, Amanda tidak merinci soal target bisnis yang dibidik.                       

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×