kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmikan kantor baru, ModalSaham bantu UKM dan startup go digital


Sabtu, 03 Oktober 2020 / 15:07 WIB
Resmikan kantor baru, ModalSaham bantu UKM dan startup go digital
ILUSTRASI. Modalsaham


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meminta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melakukan ekspansi digital di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Sejumlah program pemerintah yang mendukung UMKM go digital telah dibuat. Misalnya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi meluncurkan Gerakan Nasional (Gernas) #BanggaBuatanIndonesia, yang bertujuan mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjajal platform penjualan digital.

Guna mendukung pemerintah dalam membantu UMKM menggunakan teknologi digital atau Go Digital tersebut di era pandemi untuk dapat tetap bertahan, perusahaan swasta yang berfokus pada investasi di industri UKM dan Startup, PT Modal Saham Asia Investama, atau yang dikenal dengan ModalSaham, mengembangkan lini bisnis baru, yaitu Venture Studio dan Inkubator.

Baca Juga: Industri penerbangan lesu, Lion Air Group dikabarkan malah akan bikin maskapai baru

CEO ModalSaham, Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan di tengah pandemi, UKM dipaksa harus menggunakan teknologi digital sesegera mungkin dalam menjalankan bisnisnya. Namun masalah yang timbul adalah UKM tidak punya tim teknis IT, dan mayoritas masih buta dalam dunia teknologi.

"Dengan resource yang ModalSaham miliki, Kami bertekad untuk membantu UKM untuk Go Digital. Kami meluncurkan Venture Studio yang dapat memfasilitasi tim teknis IT sesuai dengan yang dibutuhkan UKM, bahkan fasilitas ini bisa didapatkan secara gratis jika UKM tersebut bisa saling bersinergi dan menguntungkan bersama," ungkap Reza dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id pada Sabtu (3/10).

Venture Studio yang dimiliki ModalSaham ini tidak hanya untuk UKM, namun terbuka juga untuk Startup yang mempunyai masalah untuk menemukan tim teknis IT yang memumpuni.

Selain itu, setelah ModalSaham sukses dengan program inkubator online “Menjadi Nyata” yang berkolaborasi dengan Erendi Digital Labs, ModalSaham meluncurkan inkubator sendiri yang menyediakan fasilitas advisory dan mentoring untuk pelaku UKM dan Startup. Inkubator ini akan memberikan modul pelatihan kepada UKM dan Startup, mulai dari seluruh lingkup bisnis meliputi pemasaran, keuangan, operasional, sumber daya manusia, dan legal.

Baca Juga: Perluas pasar, Gluu luncurkan produk B2B Gluu Connect

Pengembangan lini bisnis ModalSaham ini diiringi dengan peresmian kantor baru di Wisma BSG lantai 3A, Jl. Abdul Muis No. 40, Jakarta Pusat, yang sebelumnya berkantor di Bursa Efek Indonesia, Tower 2 Lantai 17, Jakarta Selatan.

Dengan pengembangan lini bisnis, Reza menambahkan ekosistem yang dimiliki ModalSaham semakin lengkap. Nantinya semakin banyak yang dapat dibantu oleh ModalSaham untuk kemajuan UKM dan Startup di Indonesia, tidak hanya akses permodalan, tapi hampir seluruhnya dari hulu ke hilir.

"Di kantor baru, kami juga memiliki Coffice, Coffee Office, dimana UKM dan Startup yang ingin bersinergi dengan Kami dapat datang dan melakukan table talk dengan tim Kami. Intinya Kami ingin turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini, agar UKM dan Startup bisa terus berjuang melewati masa krisis," jelas Reza.

Selanjutnya: Perkuat digitalisasi, CIMB Niaga optimalisasi pengembangan API

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×