kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis bebek Pak Ndut kian gendut


Kamis, 09 Agustus 2012 / 17:16 WIB
ILUSTRASI. E-commerce.


Reporter: Revi Yohana | Editor: Havid Vebri

PT Indo PD Mandiri sukses mengembangkan waralaba kuliner olahan bebek dan ayam dengan brand Sari Rasa Pak Ndut. Sejak mulai menawarkan waralaba di tahun 2008, Sari Rasa Pak Ndut kini telah memiliki 39 gerai. Sebanyak 38 gerai diantaranya adalah milik mitra.

Penambahan jumlah mitra tersebut lumayan pesat. Pada September tahun lalu, Sari Rasa Pak Ndut baru memiliki 28 mitra. Pertumbuhan itu ditopang strategi perusahaan yang fokus mengembangkan mitra di luar Jawa. Sari Rasa Pak Ndut sendiri berkantor pusat di Sukoharjo, Jawa Tengah. "Kami fokus luar Jawa karena segmen pasar di sana besar dan responnya bagus," ujar Arif Widiyono, Business Development Area PT Indo PD Mandiri.

Menurut Arif, perkembangan gerai terpesat berada di kawasan Sumatera dan Kalimantan, seperti Lampung, Medan, Palembang, dan Samarinda.Meski banyak cabang yang lokasinya jauh, kontrol terhadap mitra tetap ketat. Arif bilang, pusat telah melengkapi gerai mitranya dengan kamera CCTV sehingga pengelolaan rumah makan mitranya bisa tetap terpantau.

Selain itu, mereka juga tetap menjalin komunikasi lewat layanan Blackberry group. Setiap persoalan, didiskusikan bersama di dalam group tersebut. Dengan begitu, diharapkan setiap mitra dapat belajar dari kasus yang ada di daerah lain. Pihak pusat juga rutin melakukan kunjungan sebanyak dua kali dalam setahun. Namun, jika ada masalah yang tak bisa diselesaikan jarak jauh, mereka akan datang langsung.

Untuk menjadi mitra Pak Ndut, harus menyetor duit senilai Rp 200 juta yang di dalamnya termasuk franchise fee 5 tahun. Fasilitas yang didapat berupa kitchen resto, kitchen set, bahan baku awal, dan pelatihan. Sebelumnya, usaha makan ini menawarkan dua paket investasi, yakni paket Rp 200 juta dan paket Rp 300 juta. Namun, untuk paket Rp 300 juta, kini telah ditiadakan.

"Dalam paket Rp 300 juta kami juga harus membangun restorannya. Kami takut tidak fokus kalau harus terjun dalam pembangunan," ujar Arif.
Target perusahaan hingga akhir tahun ini bisa menambah enam gerai lagi. Sehingga, total menjadi 45 gerai. Sari Rasa Pak Ndut juga berusaha menyajikan menu-menu baru. Tahun ini, menu baru yang akan dikeluarkan adalah garang asem bebek bumbung. Yakni, bebek kuah pedas yang disajikan di dalam bambu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×