kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menghitung laba dari usaha bimbel eksakta


Selasa, 02 Oktober 2012 / 19:12 WIB
ILUSTRASI. Warga beraktivitas di pemukiman dengan berlatar belakang gedung perkantoran di Jakarta, Minggu (23/08). Cuaca besok di Jabodetabek cerah berawan hingga hujan ringan, menurut ramalan BMKG. KONTAN/Fransiskus Simbolon.


Sumber: Kontan 3/10/2012 | Editor: Havid Vebri

Lantaran menjanjikan, tawaran waralaba dan kemitraan bisnis bimbingan belajar (bimbel) terus berdatangan. Tawaran terbaru datang dari Treinamento. Lembaga bimbel yang berkantor di Jakarta Pusat ini fokus pada pelajaran eksakta, seperti matematika, fisika, dan kimia.

Selain pejaran eksakta, Treinamento juga menyediakan bimbingan pelajaran ekonomi dan akuntasi. "Kendati bukan eksakta, dua pelajaran ini masih terkait dengan hitung-hitungan," kata Ryan Filbert Wijaya, pemilik Treinamento.

Berdiri tahun 2008, Treinamento resmi menawarkan kemitraan pada September tahun ini. Treinamento menyediakan paket bimbel tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Ryan mengklaim, kelebihannya bimbelnya ada pada konsep belajar yang semi privat. Jumlah siswa dalam satu kelas dibatasi maksimal enam orang. Siswa juga bisa menentukan mata pelajaran yang ingin dibahas.

Saat ini, Treinamento masih memiliki satu gerai milik sendiri di kawasan Jakarta Pusat. Namun, kata Ryan, dalam waktu dekat akan ada dua cabang baru milik mitra di kawasan Kemanggisan dan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. "Saat ini tahap pembangunan gerai, targetnya beroperasi Januari 2013," jelas Ryan.

Dalam kerjasama kemitraan ini, Treinamento mematok biaya investasi senilai Rp 125 juta. Investasi itu sudah termasuk lisensi selama lima tahun, dukungan sistem dari pusat, modul, dan bantuan penyediaan tenaga pengajar. "Kami akan bantu mencari dan melatih pengajar, tetapi kalau mitra mempunyai calon sendiri, tinggal ikut pelatihan kami," jelas Ryan.

Untuk lokasi usaha, mitra perlu menyiapkan tempat seluas minimal 72 meter persegi. Tempatnya bisa berupa ruko dengan enam hingga delapan ruang kelas.

Ryan menargetkan, dalam setahun pertama mitra bisa menggaet minimal 70 siswa. Setiap siswa dipungut biaya kursus mulai Rp 500.000 hingga Rp 750.000 per bulan, tergantung lokasi. "Dalam satu bulan, ada delapan kali empat jam kelas pertemuan, tetapi di luar itu siswa juga bebas bertanya dan belajar pada gurunya," ujar Ryan.

Dengan jumlah siswa sebanyak itu, mitra bisa meraup omzet sekitar Rp 35 juta hingga Rp 45 juta per bulan. Dengan laba bersih sekitar 20% dari omzet, mitra diharapkan balik modal dalam waktu 1,5 tahun hingga dua tahun.


Bimbel Treinamento                                                                                                                                                                                                             Jl. Batutulis Raya                                                                                                                                                                                                                No 13C, Jakarta Pusat                                                                                                                                                                                                    Telp: 021-70983893

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×