kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perias karakter: Tidak akan pernah sepi order


Rabu, 07 Maret 2012 / 16:14 WIB
Perias karakter: Tidak akan pernah sepi order
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di outlet kantor cabang Bank Syariah Indonesia Kebun Jeruk Jakarta, Senin (1/2). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/02/2021.


Reporter: Noverius Laoli, Fahriyadi, Eka Saputra | Editor: Tri Adi

Gelagat perkembangan bisnis tata rias dan make up wajah semakin cantik. Selain keahlian, usaha ini membutuhkan daya kreativitas yang tinggi dari sang perancang. Dengan modal selalu menghasilkan karya-karya baru dan menarik, order bakal tak pernah sepi sepanjang tahun.

Memiliki keahlian merias tak bakal pernah sepi peminat. Bisnis utama yang bisa dijalani memang rias kecantikan untuk pengantin, wisudawan, dan kegiatan- seremonial lainnya. Kini dengan modal kreatif, banyak ahli rias wajah merambah bisnis rias panggung.

Perkembangan usaha ini tak luput dari terus mekarnya bisnis pertunjukan. Mulai dari pertunjukan musik, teater, dan seni lain. Kemampuan untuk berkreasi menjadi peluang baru untuk mengembangkan bisnis.

Tengok saja usaha Neni Marthina asal Babakan Cibeureum, Ciamis, Jawa Barat. Meskipun tinggal di Ciamis, perempuan 36 tahun ini menuturkan, permintaan terhadap jasa tata rias panggung dan make up tetap tinggi. Pasalnya, setiap orang yang mengadakan acara-acara tertentu, seperti pertunjukan teater, pesta sanggar, sunatan, dan pernikahan, tetap membutuhkan jasa penata rias.

Dalam sebulan, rata-rata Neni mendapat pesanan sebanyak tujuh hingga delapan proyek. Sebagian besar order adalah untuk menghias seniman berikut panggung pergelaran tari, pesta, dan sanggar.

Tak hanya itu, panggung -panggung pada acara pesta sunatan, teater, dan wisuda siswa taman kanak-kanak (TK) pun membutuhkan jasanya. Dalam satu proyek pertunjukan, ia mematok harga Rp 4 juta.

Nah, dalam sebulan, Neni bisa meraup omzet mencapai Rp 30 juta dengan laba bersih sekitar 50%. Tetapi, "Kadang-kadang, harga tata rias tergantung kemampuan pelanggan," ujarnya.

Neni bilang, perlu ide yang superkreatif agar order terus mengalir deras. Misalnya, saat menghias untuk acara wisuda anak TK, dia akan berupaya menciptakan suasana sesuai dengan imajinasi anak-anak.

Ni Made Metriyani, pemilik Metri N@B di Bali, punya pengalaman lain. Ia memilih spesialisasi tata rias acara pernikahan dan kegiatan upacara ritual di Bali.

Metri mulai usaha tata rias sejak 2010 di Denpasar. Adapun tata rias panggung ia tekuni mulai 2011. Dara 23 tahun ini melihat prospek dan permintaan tata rias dari insan hiburan terus meningkat. Karena itu, ia berupaya berkembang dan menghasilkan karya baru. "Penata rias juga harus mendalami ilmu tentang busana," jelasnya.

Untuk mengembangkan usahanya, Metri bekerja sama dengan event organizer atau para make-up artis. Alhasil. Metri pun kini banyak kebanjiran order acara fashion show yang cukup marak di Pulau Dewata.

Dalam sebulan, ia bisa memperoleh 10 order, dengan banderol tiap order antara Rp 500.000 - Rp 1 juta. Adapun rata-rata omzet per bulan sekitar Rp 10 juta dan laba bersih lebih dari 60%. "Tata rias termasuk bisnis kreatif sehingga marginnya cukup tinggi," tuturnya.

Pengalaman Dewi Herawati, penata rias asal Bandung lain lagi. Ia mengaku lebih memilih spesialisasi merias karakter sesuai dengan peran yang akan dimainkan oleh seorang pelaku dunia hiburan. "Rias karakter lebih sulit, misalnya, bagaimana membuat orang yang sebenarnya masih muda tapi bisa terlihat tua seperti nenek-nenek. Kita harus bisa membayangkan kerut-kerut di pipi kan," katanya.

Dewi mematok tarif Rp 750.000 hingga Rp 1,5 juta untuk jasa rias karakter yang biasa digunakan dalam pementasan teater. Karena, pesanan rias karakter ini masih minim, dalam sebulan pendapatan bersih Dewi hanya sekitar Rp 4 juta hingga Rp 5 juta.

Anggra Septa penata rias profesional asal Jakarta, bilang, perlu ide kreatif yang tematik. Ambil contoh, saat merias pesta Halloween, ia menampilkan karakter rias ala kuntilanak atau boneka Chucky. Dengan begitu, order pun bisa terus mengalir dari para pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×