kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentra kunci Kenari: Nyaman dan banyak pilihan (1)


Selasa, 13 Maret 2012 / 12:57 WIB
Sentra kunci Kenari: Nyaman dan banyak pilihan (1)


Reporter: Fahriyadi | Editor: Tri Adi

Selain di Pinangsia, Jakarta Barat, Anda juga bisa berburu kunci di Plaza Kenari Mas yang terletak di daerah Jakarta Pusat. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu pusat penjualan kunci di wilayah ibu kota.

Sejatinya, Plaza Kenari Mas merupakan salah satu pusat pertokoan yang menyediakan produk peralatan rumah tangga terbesar di Jakarta. Namun, jika berkeliling ke pertokoan tujuh lantai ini, Anda akan menemukan lebih dari 20 toko yang khusus menjual kunci.

Toko kunci tersebut berada di lantai satu dan dua Plaza Kenari Mas. Dari segi tempat dan fasilitas, pusat penjualan kunci ini jauh lebih nyaman dibandingkan dengan sentra kunci di Pinangsia.

Pertokoan yang resmi beroperasi di awal 2000-an ini menyediakan areal parkir yang cukup luas dan tempat yang lebih bersih. Menjangkau pertokoan ini juga tidak terlalu sulit karena letaknya yang strategis.

Berada di Jalan Kramat Raya, Plaza Kenari Mas bisa diakses dari arah Senen, Matraman, Cikini, dan Rawasari. Plaza ini berada persis di seberang Pasar Kenari Djaja yang telah eksis sejak tahun 1970-an. Sementara di sebelahnya berdiri Pasar Paseban.

Saat KONTAN menyambangi sentra ini, aktivitas di beberapa toko nampak cukup ramai. Beberapa pembeli kelihatan sibuk memilih kunci yang dipajang di etalase toko.

Mujiani, pengelola Kenari Hardware yang menjual aneka kunci, handel pintu dan jendela ini bilang, Plaza Kenari Mas merupakan tempat ideal untuk belanja peralatan rumah tangga termasuk kunci.

Selain nyaman, Kenari Mas juga menyediakan layanan one stop shopping. Hampir semua kebutuhan peralatan rumah tangga tersedia di pusat pertokoan ini, seperti produk elektronik, alat-alat listrik, produk sanitasi, hingga komputer dan aksesorinya. "Karena lengkap, ratusan orang bisa datang ke tempat ini, terutama saat akhir pekan," ungkap Mujiani.

Untuk produk kunci, kualitasnya tidak kalah ketimbang tempat penjualan kunci lain, seperti Pinangsia, Panglima Polim, bahkan Rawasari. Koleksi kuncinya juga tidak kalah lengkap. "Kalau soal harga bersaing karena rata-rata kunci berasal dari pemasok yang sama," kata Mujiani.

Produk kunci yang Mujiani jual di tokonya berbanderol harga mulai dari Rp 170.000 - Rp 18 juta per unit. Produk kunci yang ia lego kebanyakan dari Italia. Rata-rata penjualan bulanan tokonya mencapai Rp 100 juta.

Menurut Susi, pengelola Master Pinangsia, tren penjualan kunci di Plaza Kenari Mas terus meningkat dalam setahun terakhir. Tapi lantaran persaingan yang ketat, setiap toko harus berbagai pasar. "Untungnya, kami mempunyai pelanggan tetap," ujar dia.

Selain kunci asal Italia, Susi juga banyak memasarkan produk dari Taiwan. Harga jualnya berkisar mulai Rp 100.000 sampai jutaan rupiah. "Sebulan kami bisa menjual ratusan kunci," katanya tanpa menyebut omzet tokonya.

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×