PELUANG USAHA
Berita
Sentra tanaman Kelapa Gading: Koleksi lengkap (1)

SENTRA TANAMAN KELAPA GADING, JAKARTA

Sentra tanaman Kelapa Gading: Koleksi lengkap (1)


Telah dibaca sebanyak 4294 kali
Sentra tanaman Kelapa Gading: Koleksi lengkap (1)

Jika Anda penyuka tanaman hias, sentra tanaman hias di Jalan Pelepah Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara merupakan tempat yang tepat. Di sentra ini, hampir semua jenis tanaman hias dijual. Sebut saja bonsai kelapa gading kuning yang sedang jadi tren sekarang. Sentra ini dilengkapi prasarana yang rapi dan bersih.

Kendati tak se-booming beberapa tahun lalu, bisnis tanaman hias tetaplah memikat. Maklum, kolektor maupun penggemar tanaman hias cukup banyak. Bukan hanya kaum hawa saja yang demen, kaum adam pun banyak yang hobi berat mengoleksi tanaman hias ini.

Tanaman hias disukai, selain unik juga membuat suasana rumah menjadi tampak lebih indah dan segar. Maka itu, bisnis tanaman hias tetap hidup. Sentra-sentra kios penjualan tanaman hias pun masih banyak dijumpai.

Bahkan, banyak kita jumpai pula sentra tanaman hias yang menempati lokasi tak resmi alias bukan tempat untuk berjualan, seperti di trotoar jalan.

Tapi, tak sedikit pula sentra tanaman hias yang menempati lokasi resmi. Salah satunya, Anda bisa menemukan di Jalan Pelepah Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sentra tanaman yang menempati kios-kios permanen ini diresmikan oleh Gubernur Sutiyoso pada 1999.

Hingga saat ini, sentra tanaman hias di Kelapa Gading ini menjadi salah satu lokasi favorit berburu tanaman hias bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Sentra ini menampung sekitar 36 kios tanaman yang berderet rapi. Setiap kios rata-rata berukuran 20x10 meter.

Untuk menemukan sentra ini tak sulit. Sebab, Jalan Pelepah Raya yang menjadi lokasi sentra cukup dikenal oleh warga sekitar sebagai sentra "taburkan" alias singkatan dari tanaman hias, burung dan ikan hias. Maklum, selain tanaman di hias, di kawasan itu juga terdapat sentra burung dan ikan hias.

Selain terkenal sebagai sentra "taburkan", Jalan Pelepah Raya juga menjadi jalur alternatif dari Pulo Mas menuju Kelapa Gading dan sebaliknya. Sehingga, jalan ini selalu ramai dilalui kendaraan bermotor.

Saat KONTAN menyambangi sentra ini Kamis (12/1) pekan lalu, terlihat kesibukan di beberapa kios. Aan Dahlan, pemilik kios Bejana Indah mengatakan, kesibukan para pedagang melayani pembeli akan meningkat di akhir pekan. "Pengunjungnya mayoritas berasal dari sekitar wilayah Kelapa Gading dan juga Bekasi," ujarnya.

Aan sendiri sudah berjualan di lokasi itu sejak tahun 2001. Menurut Aan, lokasi tempatnya berjualan ramai didatangi pembeli, karena koleksi tanaman yang hias yang dijajakan pedagang cukup lengkap.

Di kios Aan sendiri, pengunjung bisa mencari berbagai jenis tanaman taman, seperti palem dan beringin bonsai.

Selain tanaman hias, sentra ini juga menawarkan tanaman buah dan pupuk. Selain itu, dijual juga berbagai perlengkapan tanaman, seperti pot, gunting rumput, dan lain sebagainya. "Pokoknya lengkap deh," ujar pria 40 tahun ini.

Untuk jenis tanaman hias, terdapat banyak sekali pilihan. Setiap pedagang berusaha memenuhi kiosnya dengan koleksi tanaman yang berbeda dari kios lain.

Saat ini, tanaman hias yang banyak penggemarnya adalah bonsai kelapa gading kuning bercabang, palem-paleman, dan tanaman sansevieria. "Tanaman bonsai juga banyak yang mencari," ujarnya.

Sukarno, pemilik kios Mentari Gata Nursery (MGN) juga bilang, hampir semua pedagang di sentra tersebut berusaha melengkapi kiosnya dengan berbagai jenis tanaman hias. Kiosnya sendiri menawarkan mulai dari tanaman-tanaman bonsai dan sansevieria.

Sukarno menjamin, setiap pengunjung yang datang ke sentra ini akan menemukan jenis tanaman yang dicarinya. "Sentra ini aman, nyaman, lengkap dan dapat dipercaya," ungkapnya berpromosi.

Harga tanaman hias di sentra ini bervariasi mulai dari termurah Rp 5.000, hingga yang termahal jutaan rupiah.


(Besambung)

Editor: Tri Adi
Telah dibaca sebanyak 4294 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..