CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

10 Fakta Unik Traveloka Sebagai Lifestyle Superapp Selama Satu Dekade


Sabtu, 12 Maret 2022 / 17:52 WIB
10 Fakta Unik Traveloka Sebagai Lifestyle Superapp Selama Satu Dekade
ILUSTRASI. Traveloka hadirkan layanan bundle Antar Jemput Bandara + Rapid Test.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Traveloka melewati masa satu dekade dengan berbagai inovasi berbasis teknologi untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup konsumen yang terus berkembang. Traveloka kini telah tumbuh sebagai lifestyle superapp yang memberikan solusi perjalanan dan gaya hidup tidak hanya bagi konsumen di Indonesia, namun juga konsumen di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Lalu, keunikan apa saja yang mendukung perjalanan Traveloka sejak awal hingga sekarang? Dilansir dari keterangan pers Traveloka, Ini 10 fakta unik transformasi Traveloka sebagai lifestyle superapp.

1. Pengalaman pemesanan tiket pesawat jadi ide awal berdirinya Traveloka
Traveloka didirikan pada 29 Februari 2012 oleh Ferry Unardi (CEO & Co-Founder), dan Albert (Co-Founder). Berawal dari pengalaman Ferry Unardi yang mengalami kesulitan dalam memesan tiket pesawat saat merantau di Amerika untuk pulang ke tanah kelahirannya di Padang, Sumatera Barat. Kesulitan tersebut, kemudian dijadikan peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengalami kendala serupa.

Bersama dua temannya, Ferry Unardi menyewa sebuah apartemen di Jakarta untuk memulai usaha. Menggunakan tiga laptop sebagai modal utama, para founders memulai perjalanan Traveloka sebagai metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat.

Baca Juga: Aria Raih Pendanaan Pre-Seed dari GK Plug and Play Indonesia

2. Burung Godwit yang menjadi inspirasi logo Traveloka
Pengguna Traveloka pasti mengenal logo perusahaan yang identik dengan gambar burung dilengkapi warna putih dan biru. Burung yang bernama Godwit ini menjadi inspirasi bagi Traveloka karena memiliki kemampuan untuk terbang sejauh ribuan kilometer tanpa berhenti sama sekali. Hal ini dilakukan karena mereka suka berpetualang atau bermigrasi keliling dunia. Karakter ini sesuai dengan visi Traveloka untuk terus “terbang” jauh ke seluruh dunia sehingga dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dimanapun mereka berada.

3. Traveloka bermula dari 8 orang hingga tumbuh bersama ribuan karyawan
Pada awal berdiri, Traveloka hanya beranggotakan delapan orang yang terbagi ke dalam beberapa divisi, seperti keuangan, operasional, pemasaran, dan lainnya. Kini, Traveloka memiliki lebih dari 2.000 talenta-talenta terbaik dari Asia Tenggara, dan kawasan lainnya seperti Eropa dan Amerika, demi mewujudkan komitmen untuk senantiasa menghadirkan kontribusi positif di mana pun Traveloka beroperasi. 

Hal ini menjadi fondasi terciptanya inovasi-inovasi yang diterima dengan baik oleh para konsumen, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya. Traveloka saat ini memiliki rasio karyawan pria & wanita sebesar 60:40. Di Traveloka, karyawan laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan karir yang sama. Traveloka juga menunjukkan komitmennya untuk menjunjung tinggi keberagaman dan inklusivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan suportif bagi semua karyawan, termasuk wanita, untuk tumbuh dan berinovasi.

4. Hadapi situasi pandemi dengan ragam inovasi
Berbagai inisiatif dan inovasi yang kami lakukan selama pandemi lakukan mencakup beragam produk dan fitur, seperti Traveloka Eats Delivery, sebuah layanan pemesanan dan pengantaran makanan yang baru tersedia sejak November 2020. Saat ini, kami bermitra dengan lebih dari puluhan ribu restoran di kawasan Jabodetabek, Bali dan Bandung.

Lalu, Traveloka Clean Partners mendorong para mitra untuk berkomitmen dalam menerapkan protokol CHSE yang ketat serta memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi mitra-mitra tersebut dengan melekatkan label khusus. Hingga saat ini, kami telah menggandeng lebih dari 11.000 mitra untuk Traveloka Clean Partners.

Baca Juga: Anteraja Terapkan Sistem Keamanan Informasi Melalui Sertifikasi ISO 27001

Kemudian, Traveloka LIVEStyle, menghadirkan rekomendasi dan tur virtual secara livestream melalui aplikasi dan media sosial resmi Traveloka. Tes COVID-19, bekerja sama dengan 140+ mitra dengan lebih dari 850 pilihan produk layanan tes COVID-19, baik In-Clinic maupun Drive-Thru. Sekitar 600.000 tes COVID-19 telah dipesan oleh pengguna Traveloka.

Berikutnya ada Traveloka PayLater Virtual Number, metode pembayaran cicilan menggunakan nomor virtual untuk pengguna PayLater di Indonesia, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan kredit PayLater di berbagai situs e-commerce.

Lalu ada pula Gold, tabungan Emas bekerja sama dengan salah satu perusahaan milik negara Indonesia yang telah memiliki izin untuk melakukan transaksi jual beli emas. Ini adalah produk investasi pertama di Layanan Keuangan Traveloka, yang bertujuan untuk memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat terhadap instrumen investasi serta mendorong literasi dan inklusi keuangan sebagai bagian dari fokus pemerintah Indonesia.

Serta beberapa fitur lain seperti Online Xperience Tur Virtual, Buy Now Stay Later, Pay Upon Check-In, Easy Reschedule, hingga layanan Order Now untuk Traveloka Eats.




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×