kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Anak dan ibu senang, bisnis pun jadi melenggang


Sabtu, 23 November 2019 / 09:30 WIB
Anak dan ibu senang, bisnis pun jadi melenggang

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis yang berhubungan dengan ibu dan anak punya potensi besar, mulai makanan dan minuman sehat hingga sewa perlengkapan untuk ibu dan anak. Khusus untuk penyewaan perlengkapan ibu dan anak, kini jadi pilihan bisnis yang juga banyak ibu tekuni.

Anggapan lebih efisien menyewa ketimbang membeli perlengkapan, seperti pompa ASI dan mainan, Rany Beatrix, Pemilik Asikulancar, dan Zhafira Loebis, Pemilik Babyloania, tangkap dengan baik menjadi bisnis.

Baca Juga: Menimang-nimang laba dari perlengkapan bayi

Rany mengatakan, awalnya dia memulai bisnis sewa perlengkapan ibu dan anak untuk pompa ASI di 2015. Setelah empat tahun berjalan, Asikulancar sudah melebarkan sayap ke sewa mainan dan perlengkapan untuk anak, mulai car seat, tempat tidur bayi, gendongan bayi, hingga stroller.

"Sebenarnya, waktu awal itu coba buka penyewaan pompa ASI buat bantu para ibu baru, karena pompa ASI saat itu masih mahal, sekitar Rp 1 juta ke atas," kata Rany kepada KONTAN.

Baca Juga: Menjajal tawaran toko perlengkapan bayi

Di awal merintis usaha, Rany hanya memiliki 10–20 pompa ASI untuk ia sewakan. Seiring nama Asikulancar yang melambung, jumlah pompa ASI pun terus bertambah, hingga kini terdapat 160 unit. Sedang mainan dan perlengkapan anak ada 60 unit.

Baca Juga: Wah, bisa buka toko perlengkapan bayi

Pelebaran usaha ke penyewaan mainan mulai tahun ini, Rany menjelaskan, sebagai jawaban atas banyaknya permintaan dari pelanggan Asikulancar.

Harga sewa yang dia patok mulai Rp 100.000–Rp 160.000 untuk pompa ASI selama 15 hari, dan Rp 120.000–Rp 300.000 untuk pompa ASI selama 30 hari. Sedangkan untuk mainan dan perlengkapan anal ia banderol dengan tarif mulai dari Rp 100.000–Rp 185.000 untuk tujuh hari, Rp 150.000–Rp 260.000 untuk 14 hari, Rp 85.000–Rp 200.000 untuk 15 hari sewa, dan Rp 85.000–Rp 380.000 untuk 30 hari.

Hingga saat ini, rata-rata sekitar 150 hingga 200 unit, baik pompa ASI ataupun mainan yang tersewa di Asikulancar per bulan.

Pemain lainnya, Zhafira memulai bisnis ini lantaran pengalaman pribadinya enam tahun lalu, yang kaget melihat harga perlengkapan bayi yang mahal. Sudah begitu, masa pakainya juga hanya sebentar.

"Saya pun memikirkan solusinya, dan tercetus ide untuk menyewakan barang-barang bayi, dengan misi untuk membantu sesama orangtua," ujar dia.
Produk yang Zhafira sewakan di Babyloania terbagi dalam empat kategori besar. Pertama, perlengkapan ibu, seperti korset untuk ibu hamil dan pompa ASI untuk ibu menyusui.

Kedua, perlengkapan bayi, misalnya, tempat tidur, kursi, dan baby food maker. Ketiga, perlengkapan pelesiran, semacam stroller dan gendongan. Keempat, mainan, mulai untuk bayi baru lahir sampai anak usia lima–enam tahun.

Tarif sewa di Babyloania sangat beragam, dengan rentang waktu tujuh hari hingga bulanan. Zhafira menyebutkan, tarifnya mulai Rp 69.000–Rp 500.000.
Sayang, Zhafira enggan blak-blakan soal berapa jumlah produk yang laku dia sewakan dalam sebulan. Yang jelas, ia melayani pelanggan yang menyewa produknya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.       




TERBARU

×