kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.462.000   9.000   0,37%
  • USD/IDR 16.663   -15,00   -0,09%
  • IDX 8.660   40,02   0,46%
  • KOMPAS100 1.192   10,20   0,86%
  • LQ45 848   1,27   0,15%
  • ISSI 313   2,80   0,90%
  • IDX30 434   0,50   0,12%
  • IDXHIDIV20 501   -0,35   -0,07%
  • IDX80 134   1,11   0,84%
  • IDXV30 138   1,59   1,16%
  • IDXQ30 138   -0,09   -0,07%

Asin Garam Bali yang Bisa Berujung Manis


Sabtu, 13 Desember 2025 / 07:15 WIB
Asin Garam Bali yang Bisa Berujung Manis
Produk Natural Bali Kulkul.


Reporter: Chelsea Anastasia | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain pariwisata, Bali juga dikenal dengan penghasil garam dari lautnya yang jernih. Potensi ini dilirik oleh Putu Ayu Wilasmini, yang memang mengetahui kualitas garam bali. Selain punya citarasa unik, garam bali kaya akan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. 

Walhasil, Wilas, sapaan akrabnya, membentuk CV Natural Bali Kulkul (NBK), produsen garam laut dari Laut Bali pada 2018, dengan basis di Klungkung, Bali.

Adapun proses produksi garam dilakukan dengan memanfaatkan cahaya matahari tanpa oven. Proses pengeringan bersifat slow drying dengan menggunakan solar dome dan dikemas dalam jar kaca hijau untuk menjaga kandungan mineral.

Baca Juga: Fulus dari Manisnya Produk Gula Aren

Sales & Marketing NBK, Putu Devia Cahya Suksma menjelaskan, produk NBK hingga kini meliputi sea salt pure, seasoning, cacao artisan, bamboo salt dan smoked salt

Beragamnya produk garam khas Bali dari NBK itu menjadi bukti produknya mendapat respons pasar. Alhasil, jumlah pegawai yang terlibat memproduksi NBK bertambah, dari awalnya dua pekerja menjadi 21 pekerja.

Baca Juga: Langkah Durachy Menghadirkan Sepatu Wanita Timeless yang Trendy

Imbasnya adalah, omzet usaha NBK pun membuncah. Jika awal usaha omzetnya hanya sekitar Rp 15 juta sampai Rp 20 juta per bulan saja, kini sudah melambung menjadi Rp 250 juta per bulannya.

Melihat hasil tersebut, manajemen NBK membidik omzet hingga Rp 300 juta sampai Rp 350 juta per bulannya. Untuk bisa mencapai target usaha tersebut, NBK kata Devia berencana membuka toko offline tahun depan yang bisa menjadi etalase seluruh produknya. 

Baca Juga: Merancang Bisnis dari Desain Fesyen Wanita Pekerja

Langka ekspansi berikutnya adalah perluasan pasar ekspor. Sejauh ini, NBK telah diekspor ke Rusia, Thailand, Singapura, hingga Italia. Banyak turis dari berbagai negara datang mengunjungi dan membeli langsung ke pabrik NBK.

Namun Devia merasa masih punya kekurangan dalam hal pemasaran. Yakni, aktivitas NBK belum stabil di kanal-kanal media sosial.

"Ke depan, kami berencana akan bekerja sama dengan content creator," ungkapnya.

Selanjutnya: AS Luncurkan Visa Emas, Jalur Menjadi Warga Amerika

Menarik Dibaca: Cara Menambahkan Musik di Postingan Facebook,Bisa Juga Tambahkan Musik ke Profil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi, Tips, dan Kertas Kerja SPT Tahunan PPh Coretax Orang Pribadi dan Badan Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM)

[X]
×