Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.205
  • SUN90,77 -0,26%
  • EMAS623.158 -0,48%

Bosan jadi karyawan, Titik temukan sukses berbisnis kue

Minggu, 22 April 2018 / 10:05 WIB

Bosan jadi karyawan, Titik temukan sukses berbisnis kue



KONTAN.CO.ID - Jenuh dengan aneka target yang terus dihadapi dalam dunia pekerjaan, mendorong Titik Nurhayati untuk membuka usaha sendiri. Pada 2011, setelah resmi keluar dari salah satu perusahaan kosmetik di Surabaya, Titik membuka usaha kue kering.

Setahun berbisnis kue kering, dia memproduksi pia. Pia yang lembut bagian dalam dan renyah di kulit menjadi nilai lebih produknya. Titik pun terus memodifikasi pianya, yakni menggunakan bahan arang Jepang dan menamainya pia ireng.  

Tak disangka, produk ini berhasil menembus pasar oleh-oleh. Para pelancong membawanya sebagai buah tangan. Bahkan, pia ireng menjelma menjadi pia khas Surabaya.  

Tak puas dengan pia ireng, peremuan berusia 46 tahun ini kembali berkreasi membuat penganan baru. Lalu, Titik menciptakan n pastel ireng semanggi.

Dia mengaku, sengaja menggunakan daun semanggi sebagai bahan bakunya untuk mengenalkan daun yang sering dimasak menjadi pecel dan menjadi sajian khas  Surabaya.  

Setelah mempunyai banyak jenis produk, Titik mengemas seluruh kue buatannya dengan merek Javakueken. Nama tersebut sudah digunakan sejak tiga tahun lalu.

Meski ada sejumlah produk, Titik bilang hanya pia yang diproduksi setiap hari. Saban hari, total produksinya mencapai 3.000 butir. Sedangkan, untuk pastel semanggi dibuat dua sampai tiga minggu sekali.

Sekali produksi hanya menghasilkan 100 stoples. Sedangkan, untuk kue kering lainnya dibuat menurut pesanan konsumen atau reseller. Dia dibantu oleh lima orang karyawan di bagian produksi.  

Pia ireng Javakueken dipatok mulai Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per boks (isi 10). Sayangnya, Titik  enggan menyebutkan total keuntungan bersih yang didapatkannya.

Selain menjalin kerjasama dengan gerai oleh-oleh, dia juga getol mengenalkan produknya melalui akun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Namun, dari semua promosi itu, dia mengakui, di usaha kuliner yang paling efektif adalah  rekomendasi konsumen.      


PROFIL PENGUSAHA

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0592 || diagnostic_web = 0.3968

Close [X]
×