kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara kerja Nusaway.com adalah dengan memata-matai pekerja di lapangan


Sabtu, 23 Maret 2019 / 13:15 WIB
Cara kerja Nusaway.com adalah dengan memata-matai pekerja di lapangan


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu usaha rintisan atawa start up yang menawarkan layanan pemantauan terhadap aktivitas di lapangan Nusaway.com. Aplikasi ini dirintis dan dibangun oleh PT Media Antar Nusa (Nusanet).

Aplikasi ini menawarkan layanan untuk melacak staf atau kegiatan karyawan di lapangan secara online. Tujuannya tak lain agar perusahaan bisa memastikan kegiatan sang karyawan tetap berjalan sesuai target.

Saat ini Nusaway.com. sudah menggandeng tiga perusahaan sebagai pengguna jasa. Dari kerjasama dengan tiga perusahaan itu, aplikasi ini memiliki pengguna aktif 256 pengguna.

Nusaway merupakan sebuah aplikasi yang dapat melacak seluruh aktifitas staf lapangan secara online melalui perangkat GPS seluler. Fitur pelacakan tersebut meliputi detail pekerjaan, aktifitas check in, durasi dan rute perjalanan.

Ahmad Rais Lubis, manajer Nusaway.com menceritakan, aplikasi tersebut baru saja di rilis pada 2019. Aplikasi ini awalnya digunakan sebagai tools untuk team engineer PT Nusanet sendiri yang bekerja di lapangan.

Seiring berjalannya waktu, Rais melihat potensi penggunaan aplikasi bagi perusahaan lain. Agar bisa digunakan untuk umum maka tinggal mengembangkan dan menyesuaikan beberapa fitur di aplikasi.

Dengan fitur yang ada di aplikasi, perusahaan atau atasan bisa mengontrol secara real time bagaimana karyawan melakukan pekerjaan di lapangan.

Nusaway.com menawarkan enam fitur. Pertama, tracking atau melacak posisi dan aktifitas staf; Kedua, memonitor dengan tampilan dalam bentuk MAP, untuk memudahkan dan melihat titik lokasi staf; Ketiga Anti Fake GPS untuk mengantisipasi penggunaan lokasi palsu dan hasil tracking lebih akurat; Keempat adalah check-in status khusus untuk staf; Kelima adalah fitur Track off Session dan terakhir keenam adalah fitur price list.

Selain menawarkan jasa untuk korporasi, Nusaway.com juga bisa dipakai secara personal seperti keluarga. Penggunaannya juga cukup mudah, pelanggan hanya perlu mendaftar melalui website di nusaway.com atau lewat aplikasi, kemudian melakukan membayar berlangganan agar bisa mengaktifkan fitur-fitur tersebut. "Bisa untuk melacak anak yang sekolah," katanya.

Harga langganan mulai dari Rp 99.000 hingga Rp 199.000 per tahun. "Karena belum punya mitra (untuk pemasran), jadi tidak ada sistem komisi, keuntungannya dari biaya langganan," ujar Rais kepada KONTAN.

Ia juga tidak membatasi jangkauan pengguna aplikasi tersebut, bahkan sampai luar negeri, selama spesifikasi smartphone memenuhi syarat dan tersambung internet. Tidak target khusus yang dibidik. Hanya saja ia pihaknya menginginkan lebih banyak lagi pengguna yang menggunakan aplikasi iu.

Sebagai start up baru, Nusaway.com hanya menggunakan pendanaan atau modal awal dari perusahaan induknya (Nusanet). "Kami masih didukung sepenuhnya oleh perusahaan induk," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×