kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,00   -4,28   -0.42%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Dukung UMKM, Shipper Gelar Legendary Brand Festival


Sabtu, 12 November 2022 / 10:00 WIB
Dukung UMKM, Shipper Gelar Legendary Brand Festival


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - Dalam rangka mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) berjuang hadapi resesi global tahun depan, Shipper sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan solusi logistik dan gudang digital pintar terintegrasi akan menyelenggarakan event “Legendary Brand Festival” pada Maret 2023 mendatang.

Mengusung tema ‘Strategi dan Peluang UMKM Indonesia untuk Menghadapi Resesi Global Tahun 2023’, festival ini bertujuan sebagai katalisator antara brand besar yang sudah mapan dengan para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapi risiko ekonomi tahun 2023.

Budi Handoko, COO/Co-Founder mengatakan meskipun akan ada banyak tantangan yang UMKM hadapi tahun depan, namun Shipper percaya mereka juga masih memiliki banyak peluang untuk bertumbuh.

“Untuk itulah Shipper bersama dengan Localfest serta e.ko.lab Kemenko Perekonomian mempertemukan brand legendaris yang sudah mapan dengan para UMKM untuk berbagi strategi dan peluang bisnis dalam acara Legendary Brand Festival pada Februari 2023 nanti,” ungkap Budi dalam Dialog Inspirasi Pahlawan Ekonomi, 10 November, di Gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (10/11).

Baca Juga: Shipper Masuk Daftar The World’s Most Innovative Companies 2022 oleh Fast Company

Legendary Brand Festival 2023 akan diselenggarakan secara hybrid dengan beberapa kegiatan konferensi. Seperti mentoring, pameran, live selling, hingga penganugerahan penghargaan. Setidaknya 10.000 UMKM/brand akan bergabung pada acara ini dengan 70% diantaranya adalah pelaku usaha dari daerah. Dalam festival ini, UMKM akan mendapat akses perluasan pasar khususnya secara offline di pusat perbelanjaan terkemuka di Jakarta, branding skala nasional, dan kolaborasi dengan brand legendaries maupun sesama pelaku UMKM.

Rangkaian acara Legendary Brand Festival juga meliputi Exhibition yang mempromosikan produk UMKM, Mentoring 1,500 UMKM terpilih  dan Live Selling di TikTok untuk UMKM terpilih bersama 100 UMKM lainnya di seluruh Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, UMKM tidak diragukan lagi adalah pahlawan ekonomi Indonesia dengan kontribusinya yang mencapai 61,07% terhadap PDB 2021. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Shipper dengan Legendary Brand Festival menemani para UMKM berjuang menghadapi tantangan ekonomi 2023.

“Kami ingin agar para UMKM semakin bersemangat, terus bertumbuh dan naik kelas dengan dukungan program digitalisasi onboarding dan pemberdayaan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” ucap Sandiaga.

Baca Juga: Shipper Umumkan Ediwan Prabowo dan Irfan Wahid sebagai Komisaris

Sandiaga juga berharap akan semakin banyak UMKM yang menghasilkan produk ekonomi kreatif dengan memanfaatkan sumber daya lokal dalam rangka penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja yang seluas-luasnya untuk peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Menjawab kebutuhan ini, Shipper pada 2023 telah menyiapkan serangkaian program yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan kualitas UMKM serta perluasan akses pasar melalui berbagai acara festival produk, live shopping, dan rebranding.

Setelah dialog, rangkaian acara Road to Legendary Brand Festival akan dilanjutkan dengan Webinar Roadshow UMKM Nasional di 10 kota pada Januari hingga Februari 2023.

Baca Juga: Rayakan hari jadi keempat, Shipper Indonesia dorong peningkatan layanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×