kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Gaet lawan tanding lewat aplikasi Tandem


Sabtu, 22 Februari 2020 / 12:00 WIB
Gaet lawan tanding lewat aplikasi Tandem

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berolahraga adalah kegiatan yang menyehatkan. Dan lebih mengasyikkan lagi jika dilakukan bersama teman sejawat atau kolega, atau juga siapa saja yang suka olahraga. 

Jika ada teman yang semakin sulit untuk diajak berolahraga, jangan khawatir. Kini ada aplikasi khusus yang bisa mempertemukan rekan atau tandem untuk kegiatan olahraga. Namanya yakni Tandem.id.
 
Ini adalah aplikasi besutan Anto Kurniawan. Aplikasi yang sudah beroperasi sejak November 2018. Ia merilis aplikasi ini lantaran dengan lokasinya di Bandar Lampung ia kesulitan mendapat teman untuk berolahraga. Maklum rerata teman-temannya semakin sibuk bekerja dan kurang meluangkan waktu untuk berolah raga.
Munculah Tandem.id. Ini adalah aplikasi yang bisa mempertemukan pengguna dengan partner atau mitra olahraga di sekitarnya. "Awalnya seperti event organizer dan mulai tahun ini fokus di aplikasi," kata Anto Kurniawan, Chief Executive Officer Tandem.id kepada KONTAN, Selasa (18/2).
Saat ini ada enam cabang olahraga fisik yang tersedia, yakni futsal, bulutangkis, basket, lari, sepeda dan hiking. Selain olahraga fisik, aplikasi ini juga menyediakan teman tanding di olahraga digital yakni e-sport. 
Saat ini belum ada tarif bagi pengguna Tandem.id. Jadi pengguna bisa secara gratis membuat membuat jadwal atau mengakses informasi dan mendapatkan rekan dalam berolahraga di sekitar lokasi tempat tinggal. 
 
Menurut Anto bisnis yang bakal didapat dari Tandem.id adalah berasal dari skema business to business (B2B) yang bakal dikenakan kepada mitra bisnis. Dalam hal ini adalah perusahaan atau penyedia tempat olahraga. "Misalnya pihak perusahaan bermitra dengan kami dan menyediakan paket olahraga. Pengguna tetap free," tuturnya.
 
Saat ini, sudah ada 490 pengguna Tandem yang terdaftar. Para pengguna tersebut masih terdaftar di WhatsApp Group. Baru pada akhir bulan ini, para pengguna bakal berpindah (konversi) ke aplikasi Tandem.id.  Bila tidak ada halangan, aplikasi Android Tandem.id secara resmi beroperasi.
 
Sayang, Anto tidak merinci target bisnis yang dipatok dari Tandem.id. Yang jelas, Tandem.id bakal terus mengembangkan layanan. Misalnya dengan menjalin kerjasama dengan 15 komunitas yang ada di Bandar Lampung.
 
Adanya kerjasama dengan sejumlah komunitas dan penggiat olahraga membuat Tandem tahun lalu sanggup menggelar event olahraga. Tercatat ada 120 event olahraga yang digelar. Kebanyakan event futsal. 
 
Khusus tahun ini, Tandem mengoptimalkan beberapa program kerja. Seperti melibatkan UMKM untuk bisa berjualan produk olahraga di Tandem, menggelar program lingkungan dengan menggelar lomba lari sambil memungut sampah dan lainnya. Harapannya, ada investor yang tertarik untuk menginjeksi modal ke Tandem.                            



TERBARU
Terpopuler

[X]
×